DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 20 November 2018 / 14:41 WIB

Wabup Minta Mbah Joyo Percepat Pertumbuhan Ternak Lokal

BANTUL, KRJOGJA.com -  Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih minta agar pengusaha Jamu Jago Mbah Joyo mengambangkan usahanya. Sehingga tidak terbatas pada jamu khusus ayam jago, tetapi mesti ada terobosan baru menciptakan jamu untuk kambing dan sapi. Harapanya  sektor budidaya kambing dan sapi juga ikut meningkat produktivitasnya. Karena ponteni ternak dua jenis hewan di Bantul sangat menjanjikan dan prospek cerah menjanjikan.

“Industri ini legal dan mempekerjakan  banyak orang dan ini sudah eskpor.  Artinya akan memperbaiki performance perekonomian makro kita. Tadi saya sudah minta Mbah Joyo bisa tidak, dibuat formulasi  untuk ternak lokal seperti kambing dan sapi di Bantul,” ujar Halim disela santunan anak yatim di Pabrik Jamu Jago di Tamanan Banguntapan Bantul.

Halim mengatakan, selain terus menguatkan ekspor ke negara di Asia. Sudah saatnya memikirkan menciptakan jamu untuk peternak lokal di Bantul. Karena sebenarnya Bantul punya pusat ternak sapi dan kambing cukup besar. Sehingga  pusat peternakan itu sangat membutuhkan suplemen buatan warga Bantul sendiri. 

Sementara Sutrajaya alias Mbah Joyo mengatakan,  sejak dirintis beberapa tahun lalu, usahanya memberdayakan warga lokal. “Untuk bapak-bapak warga sekitar yang usianya sudah mendekati tidak produktif   hanya kerja setengah hari. Setelah itu biar pulang bersama keluarga dan aktivitas lainnya. Tetapi untuk yang muda muda sehari penuh,” ujarnya.