DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 19 November 2018 / 21:33 WIB

DLH Gelar Bersih Sungai Sambut Adipura

PENGASIH, KRJOGJA.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulonprogo menggelar "Bersih Sungai" di Sungai Serang penggal Jembatan  Dayakan Pengasih dalam rangka persiapan penilaian Adipura Kota Wates  Tahun 2018, Minggu (18/11/2018). 

Ratusan peserta terdiri Kodim 0731/KP,  Pramuka, Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM), Himpunan Ahli  Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kulonprogo, FKPPI,  serta unsur  lainnya termasuk Duta Sungai Kulonprogo Agus Effendi menyisir sampah di  sungai dan sekitarnya.

Dikatakan Kepala DLH Kabupaten Kulonprogo Arif Prastowo SSos MSi,  Bersih Sungai Serang ini dalam jangka pendek untuk persiapan penilaian Adipura, karena akhir November atau awal Desember akan dilakukan  pemantauan. Serta aktivitas untuk Kulonprogo Bebas Sampah 2025 yang  dilakukan secara terus menerus baik di kawasan sungai, permukiman,  perekonomian, sehingga sebagai upaya pengurangan dan pengelolaan sampah  yang ada di Kulonprogo.

Arif mengaku masih harus terus melakukan sosialisasi, sebab masih ada  sampah rumah tangga yang dibuang di sungai. "Masih ada orang-orang yang  tidak peduli dengan pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga, di  sungai bisa dilihat plastik-plastik dari rumah tangga, yang seharusnya  sudah bisa memilah dan dikelola di bank sampah atau tempat pengelolaan  sampat terpadu (TPST), sehingga tidak dibuang sembarangan," urai Arif. 

Perkotaan Wates ikut dalam Adipura dan pemantauan dari Kementerian  Lingkungan Hidup harus  disiapkan titik pantau di sungai karena ini  menjadi salah penilaian. (Wid)