Wisata Editor : Agung Purwandono Sabtu, 10 November 2018 / 12:21 WIB

Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

NIGIRI dengan topping daging ikan salmon itu lewat begitu saja di depan mata. Tangan saya ragu untuk meraihnya karena kemudian muncul seporsi nigiri lain dengan toping udang. Sementara masih berpikir akan memilih nigiri topping ikan salmon atau udang, eh… Datang lagi nori maki. Itu lho, jenis sushi yang digulung dengan rumput laut dengan isian di bagian tengahnya.

Menu-menu yang menggoda seleraku itu datang dan pergi karena berada di atas sushi belt atau meja berputar yang ada di Sumo Sushi Bar, restoran khas Jepang yang ada di dalam Lippo Plaza Mall, Yogyakarta. Ada banyak varian menu di tempat ini mulai dari ragam jenis side dish, dessert, main menu dan juga special menu. Menu utama terbagi menjadi beragam jenis sushi, yaitu Gunkan, Maki, Sashimi, Nigiri, dan Signature.

Meski sudah duduk manis menghadap sushi belt, sulit untuk menentukan mana yang akan kulahap pertama. Semuanya sedap di pandang mata. Restoran yang berdiri sejak tahun 2017 itu memang sudah mahsyur akan konsep penyajian sushi belt dan harga yang ramah di kantong mahasiswa sepertiku.

Harga yang hanya Rp 15.000 per piringnya untuk segala jenis makanan, menjadi alasanku untuk singgah dan merasakan kenikmatan memakan sajian ala Jepang. Restoran ini jelas merakyatkan harga sushi, mengingat di luaran sana restoran sushi selalu merogoh kocek dalam.

Akhirnya tanganku meraih Nigiri Salmon, yaitu olahan sushi dengan daging ikan salmon segar di atasnya. Warna oranye salmon tersebut begitu segar, menandakan menu yang tersaji memang berkualitas. Seorang pelayan dengan perhatian dan begitu ramah mendatangi mejaku, menjelaskan mengenai beragam pelengkap pendamping yang terjadi di masing-masing meja seperti shoyu, sweet shoyu, togarashi (bubuk cabe) dan washabi. Cocok untuk para penggemar masakan Jepang, apalagi semua hidangan disajikan dengan fresh.

Sushi di Sumo Sushi Bar disajikan dengan sushi belt.

Istimewanya lagi, Sumo Sushi Bar memiliki free ocha khas Jepang dan free refill yang siap dipesan oleh pelanggan. Cara menyajikannya pun terbilang unik, yakni dengan menggunakan kran air minum. Kran tersebut disediakan di tiap meja pelanggan dan terhubung langsung dengan Sushi Belt. Tak perlu repot-repot, pengunjung dapat langsung menekan kran untuk menuang ocha gratis ke gelas yang sudah tersedia tiap meja.

Baru kali ini aku menemukan restoran yang benar-benar kental dengan nuansa Jepang dengan harga yang sangat terjangkau. Ternyata tak hanya sushi dan kawan-kawannya saja yang berjalan diatas sushi belt, namun juga terdapat pudding, cake, serta minuman bersoda yang ikut berputar melewati meja pelanggan. Sepertinya bukan hanya aku yang menikmati pengalaman menyantap hidangan seperti ini, rombongan mahasiswa di dekatku juga seperti tidak bisa berhenti mengambil menu dari belt jika melihat tumpukkan piring di meja mereka terus meninggi menemani tawa mereka.

Ada Lomba Makan di Sumo Sushi

Sebanyak 6 porsi piring sushi berbagai jenis serta dua kali refill minum cukup membuat saya kenyang hari itu. Melihat banyak piring yang mampu kuhabiskan ternyata mencuri perhatian salah satu pelayan di sana. Ia kemudian memberikan sebuah selebaran, dan setelah ku lihat ternyata isinya mengenai lomba Sumo Sushi Eating Contest yang akan dilangsungkan di Atrium Lippo Plaza Jogja, 25 November 2018.

Bagi pecinta makanan khas Jepang, lomba ini menjadi kesempatan untuk menyantap aneka sajian sushi dengan harga yang sangat murah. Cukup dengan Rp 75.000 peserta akan mendapat 10 porsi sushi dan t-shirt. Tak hanya itu saja, setelah aku bertanya pada pelayan, ia kemudian menjelaskan bahwa sushi yang tidak habis saat lomba ternyata boleh dibawa pulang tanpa dikenakan biaya tambahan.

Tak tanggung-tanggung, total hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp 10 Juta. Tak perlu khawatir, tiket dapat didapatkan di seluruh outlet Sumo Sushi Bar yang ada di Yogyakarta. Dapat juga diakses secara online di http://bit.ly/sumosushibattle.

Mengingat saya telah menghabiskan 6 porsi sushi, kelihatannya saya akan mampu mengikuti lomba makan sushi di Sumo Sushi Bar. Tinggal latihan untuk mencapai 10 porsi sesuai yang disyaratkan. Kalaupun tidak habis, kan bisa dibawa pulang. (Diah Ayu KW)