Peristiwa Editor : Ivan Aditya Jumat, 09 November 2018 / 21:44 WIB

KPK Perhatikan Aliran Dana Zumi Zola

JAKARTA, KRJOGJA.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengembangkan dugaan suap Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola kepada sejumlah anggota DPRD Jambi terkait pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi tahun anggaran 2017-2018.

Lembaga antirasuah itu tengah mencari pelaku lain yang turut menikmati uang dari Zumi. Jumlah uang yang telah direalisasikan kepada sejumlah anggota DPRD Jambi mencapai Rp13,09 miliar dan Rp3,4 miliar.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Pelaku yang lain tentu salah satu fakta yang dipertimbangkan, yang diperhatikan adalah dugaan aliran dana pada sejumlah anggota DPRD tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Febri mengatakan penyidik KPK saat ini tengah mengumpulkan sejumlah bukti dalam dugaan suap kepada sejumlah wakil rakyat di Jambi itu. Menurut Febri, pihaknya akan meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan bila telah memiliki minimal dua bukti permulaan. "Kami akan memproses dengan catatan bukti permulaan yang cukup itu sebagai syarat utama untuk melakukan penyidikan," ujarnya.

Dia menambahkan KPK menunggu vonis majelis hakim terhadap Zumi untuk melihat penilaian atas fakta-fakta yang muncul di persidangan terkait dugaan aliran uang ke sejumlah anggota DPRD Jambi. Selama persidangan, kata Febri, sejumlah saksi membenarkan pemberian uang ke sejumlah anggota DPRD Jambi. (*)