Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 09 November 2018 / 14:44 WIB

UNS Siapkan Tahapan Suksesi Rektor 2019-2023

SOLO, KRJOGJA.com - Senat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai mempersiapkan tahapan suksesi rektor periode 2019-2023, seiring akan berakhirnya masa jabatan rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS pada 13 April 2019. Ketua panitia pemilihan rektor dipercayakan kepada Prof Sahid Teguh Widodo MHum PhD diddampingi Sekretaris Dr Moh Jamin SH MHum dan 11 perwakilan dari fakultas.

Ketua senat Prof Dr Suntoro MS mengatakan dalam penjaringan ini UNS mengundang calon rektor yang amanah, visioner dan memiliki daya saing. "Pada pemilihan kali ini UNS pertama kali menerima calon dari luar dengan catatan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan," katanya usai peluncuran webset pemilihan rektor UNS, Jumat (09/11).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Ada 17 persyaratan diantaranya calon rektor harus Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah lektor kepala. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian berusia paling tinggi 60 tahun pada 13 April 2019 serta memiliki pengalaman manajerial.

Prof Sahid mengatakan tahapan penjaringan diawali dengan pengumuman penjaringan bakal calon yang dimulai 9 Nopember hingga 13 Desember. Dilanjutkan pendaftaran pada 14-27 Desember. Setelah melalui tahapan verifikasi, penyaringan akan dilanjutkan pemilihan yang dijadwalkan 13-30 Maret 2019.

Prof Ravik Karsidi menilai dibukanya kesempatan bagi calon dari luar UNS  merupakan sesuatu yang positif.  Asalkan ia siap untuk menyesuaikan diri dengan budaya kerja dan melanjutkan rencana pengembangan yang telah ada.

Rektor mendatang mempunyai tugas berbeda dengan dirinya. Sebab, tahun depan UNS memasuki masa transisi menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH). Yaitu, perguruan tinggi yang mandiri penuh dalam mengelola organisasi.-(Qom)