DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 08 November 2018 / 20:28 WIB

Jogja PPUN 2018 Berdayakan Produk UMKM Daerah

SLEMAN, KRJOGJA.com - Aneka produk unggulan daerah, perdagangan, pariwisata hingga investasi dihadirkan dalam ajang Pameran Produk Unggulan Nusantara (PPUN) di Jogja City Mall (JCM) mulai Kamis (08/11/2018) hingga Minggu (11/11/2018). Melalui ajang Jogja PPUN 2018 ini diharapkan dapat lebih memberdayakan produk dalam negeri atau produk-produk unggulan daerah agar dicintai di negeri sendiri.

Direktur Utama PT Panca Wira Kreasindo Pancawira selaku panitia penyelenggara Jogja PPUN Expo 2018, Moh Endra Runy mengatakan pameran ini menghadirkan produk unggulan UMKM dari berbagai daerah, perdagangan, obyek atau destinasi pariwisata daerah dan penawaran investasi dari berbagai daerah. Pameran yang digelar 'roadshow' di beberapa kota besar di seluruh Indonesia ini memang untuk lebih memperkenalkan dalam negeri.

"Kalau kita tidak gencar kenalkan produk-produk unggulan maupun pariwisata dari berbagai daerah di tanah air, bagaimana masyarakat kita akan tahu dan mencintai produk buatan dalam negeri? Ternyata produk-produk UMKM dari berbagai daerah maupun destinasi wisata di Indonesia tidak kalah dengan produk luar atau mancanegara," tutur Endra kepada KRJOGJA.com di Atrium JCM, Kamis (08/11/2018).

Endra menegaskan selain menjadi ajang untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dan terbaik dari daerahnya, Jogja PPUN 2018 ini sekaligus merupakan wahana untuk mempromosikan daerah masing-masing. Melalui pameran yang diikuti sekitar 25 peserta ini diharapkan peserta tumbuh inovasi dan kreasi serta bisa belajar dari daerah lain yang sudah lebih maju.

Dalam kesempatan Jogja PPUN 2018 ini juga dimeriahkan aneka hiburan dan pentas seni, talkshow, penutupan stand terbaik  hingga fashion show. Salah satu stand yang menarik dalam Jogja PPUN 2018 itu adalah stand Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menghadirkan produk-produk UMKM mitra binaan dari daerah-daerah yang  terdampak bencana seperti Lombok, Pacitan, Medan, Sinabung, Sukoharjo, Bangkalan dan sebagainya. Pelaku UMKM dari daerah terdampak bencana ini menghadirkan berbagai pilihan produk menarik seperti kopi, kain tenun, mutiara, keripik singkong dan lain-lain.

"UMKM mitra binaan BNPB kami ikut sertakan dalam pameran Jogja PPUN 2018 ini untuk mempromosikan kembali produk-produk unggulannya. BNPB tidak tanggung-tanggung ikut membina membangkitkan produk unggulan yang sudah ada maupun mendorong kehadirkan produk-produk unggulan daerah yang baru agar UMKM terdampak bencana," tutur Wakil Direktur PT Nusindo Pratama Semesta Ariesyani Irma Mulyani yang mengelola stand mitra binaan BNPB. (Ira)