DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 09 November 2018 / 09:25 WIB

Sleman Kirim Misi Kebudayaan ke Surabaya

SLEMAN, KRJOGJA.com - Kabupaten Sleman akan mengirimkan misi kebudayaan ke Kota Surabaya, termasuk akhir pekan ini yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018 dan dikemas dalam acara Parade Surabaya Juang Tahun 2018. 

Acara tersebut berupa parade budaya yang dilaksanakan  pada Minggu 11 November 2018 pukul 07.00 WIB s/d selesai dengan start dari Tugu Pahlawan hingga finish di Taman Bungkul sepanjang kira-kira 2 kilometer. Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara, SH, M.Hum melalui keterangan persnya.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Menurut Aji Wulantara kontingen Kabupaten Sleman akan menampilkan Parade Prajurit dan Fragmen Perang Diponegoro pada urutan 20 dari 32 kontingen yang meramaikan Parade Surabaya Juang Tahun 2018. Pengiriman misi kebudayaan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi seni budaya Kabupaten Sleman kepada masyarakat luas secara nasional maupun internasional.

Aji menambahkan melalui pengiriman misi kebudayaan ke luar daerah tersebut diharapkan akan meningkatkan silaturahmi dan kerjasama antar daerah dalam rangka untuk memajukan sektor kebudayaan dan pariwisata. 

"Kegiatan ini juga untuk mendukung program-program keistimewaan DIY melalui optimalisasi pelestarian dan pemanfaatan potensi seni budaya yang memiliki nilai-nilai yang adiluhung, selain tentunya sebagai ajang apresiasi bagi para pelaku dan pecinta seni budaya."

Kontingen Kabupaten Sleman terdiri dari 68 orang yang terdiri atas 50 prajurit dan 10 penari serta 8 orang tim pendukung. Sebagai sutradara Dewi Listyaningrum, penata iringan Yulius Sri Wahyudi, penata busana Enggar Dyah R. dan penata artistik Eko Feriyanto, S.Sn. (*)