DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 06 November 2018 / 15:51 WIB

Sambut Liburan Akhir Tahun, Sampah Harus 'Dihilangkan'

BANTUL, KRJOGJA.com - Persoalan sampah di objek wisata di Bantul terus jadi perhatian serius pemerintah daerah. Segala cara dan upaya bakal ditempuh agar sampah di objek wisata cepat tertangani dengan baik. Jangan sampai keberadaannya mengusik kenyamanan wisatawan berlibur di Kabupaten Bantul. Apalagi liburan akhir tahun ini diprediksi bertepatan dengan musim penghujan.

"Ketika musim hujan tiba, sampah menjadi persoalan sangat serius sekali apalagi di Parangtritis," ujar Koordinantor Unit Pelaksanaan Kegiatan (UPK) Parangtiris, Suranto, Selasa (6/12/2018).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Dijelaskan, selisih volume sampah di Parangtritis ketika musim kemarau dan penghujan memang sangat banyak. Musim kemarau seperti sekarang ini dalam sebulan diangka kisaran maksimal 8 hingga 9 ton. Jika musim pernghujan dan sungai mulai banjir.  Dalam sehari  sampah bisa menembus  angka 8 ton. 

"Sampah sebanyak itu jika tidak dikelola dengan baik sudah pasti memunculkan persoalan tersendiri bagi wisatawan," ujar Suranto.  

Sebagai langkah antisipasi membanjirnya sampai di Parangtiris, semua perlengkapan dipersiapakan, mulai armada angkut, pengangkat sampah ke truk, hingga alat pengumpul sampah di pantai. Selain bertumpu pada prasarana, UPK juga didukung 22 orang untuk membereskan sampah di Parangtiris dan Pantai Depok Kretek. 

Suranto mengatakan, selama musim kemarau puluhan tong sampah di pasang disepanjang pantai.  "UPK Parangtiris ini mengkafer  persoalan sampah di Parangtritis dan Depok," ujarnya. 

Dengan komposisi seperti itu diharapkan persoalan sampah bisa beres. Pihaknya tetap akan berusaha semaksimal mungkin Pantai Parangtritis Kretek Bantul  bebas dari hamparan sampah. “Kami menyadari Parangtritis ini objek yang setiap saat dikunjungi wisatawan, sehingga bagaimana caranya tetapi bersih,” jelasnya. Apalagi akhir tahun banyak momentum hari liburan, baik Natal dan Tahun dengan waktu sangat berdekatan. (Roy)