DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 05 November 2018 / 19:08 WIB

Lomba PKK-Kesehatan, Dorong Hidup Sehat dan Kesejahteraan Masyarakat

WONOSARI, KRJOGJA.com - Tim penilai dan evaluasi Kesatuan Gerak PKK KB dan Kesehatan meninjau Desa Bejiharjo, Karangmojo. Kedatangan tim dipimpin  Dr Siswatiningsih dan disambut Assek 1 Pemda Gunungkidul Sudodo MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Sujoko MSi, Ketua Penggerak PKK Gunungkidul Dra Zultiyanti MA dan undangan. 

"Melalui kegiatan ini untuk membiasakan masyarakat dalam menciptakan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan membentuk perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” kata Ny Zultiyanti di sela-sela peninjauan, Senin (05/11/2018).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Sejumlah hal yang ditinjau yakni Kampung KB di Dusun Bulu, PHBS di Dusun Banyubening 1,  dan administrasi PKK. Kades Bejiharjo Yanto menambahkan, semangat masyarakat Desa Bejiharjo untuk mendukung terciptanya PHBS maupun kegiatan lain cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari masyarakat di seluruh dusun di Bejiharjo ini ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba PKK KB dan Kesehatan. “ Harapannya nanti mampu menorehkan prestasi baik di DIY maupun nasional,” imbuhnya.

Kabid KB DP3AKBPMD Gunungkidul  Dra Dwi Iswantini menuturkan, Kampung KB tidak sekedar untuk mendorong partisipasi KB. Namun banyak kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Baik pada bidang pendidikan, ekonomi dan banyak lainya. Bahkan kampung KB juga menjadi lokasi atau sasaran lintas sektor.Artinya anggaran kabupaten maupun DIY disasarkan untuk membangun kampung KB. Melalui ketahanan keluarga yang kuat, bisa menanggulangi bunuh diri dan permaslaahan lain.

Assek 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Gunungkidul Sudodo MM menuturkan, melalui program dan lomba ini tentu diharapkan masyarakat akan mampu mendukung terciptakan PHBS. Termasuk peningkatan program KB, pengurangan kemiskinan dan menciptakan lingkungan sehat. “ Targetnya nanti akan mampu dikembangkan di desa lain di Kabupaten Gunungkidul,” jelasnya.(Ded)