Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 03 November 2018 / 20:35 WIB

Mendagri Minta Posisi Wagub DKI Segera Diisi

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong agar posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta segera diisi pasca ditinggalkan Sandiaga Uno yang telah menjadi calon wakil presiden untuk Pemilu 2019. Ini disampaikan pihak Kemendagri melalui surat yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta, tertanggal 2 November 2018. Surat bernomor 122.31/8779/OTDA tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Otonomi daerah Sumarsono.

Dalam surat tersebut di katakan bahwa sesuai dengan ketentuan 176 ayat 1 dan ayat 4 tentang pengisian kekosongan jabatan wakil gubernur, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat melakukan pengisian kekosongan jabatan wakil gubernur, dan karena DKI Jakarta merupakan Ibu Kota Negara sebagai pusat pemerintahan dengan dinamika pemerintahan yang sangat tinggi, disarankan untuk segera melaksanakan pengisian jabatan wakil gubernur tersebut.

Surat tersebut juga tembusan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan; Kementerian Dalam Negeri; Menteri Sekretariat Negara; dan Sekretaris Kabinet. Terkait beredarnya surat tersebut, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar membenarkan bahwa surat tersebut diterbitkan oleh pihaknya.

Surat itu sebagai dorongan bagi Gubernur DKI dan parpol pengusung segera menentukan sosok Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga. "Surat imbauan saja dari Kemendagri. Karena otoritasnya kan itu di partai politik pengusung. Segera terisinya jabatan wagub juga ini kan untuk kepentingan masyarakat," kata Bahtiar. (*)