DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 31 Oktober 2018 / 19:15 WIB

Sertifikat HM untuk Empat Warga Terdampak Bandara Diserahkan

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Sebanyak empat warga terdampak Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) dari Desa Jangkaran Kecsmatan Temon menerima sertifikat hak milik (HM). Penyerahan dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo Drs H Sutedjo, di Glagah Temon, Rabu (31/10/2018). Keempat warga yakni Sukarjo, Mustakim, Turiyanto, dan Surodin.
 
"Ada sekitar 300 warga terdampak bandara yang berada di relokasi. Untuk saat ini yang menjadi sampel baru empat warga terdampak bandara di Desa Jangkaran, sedangkan yang lainnya dalam proses. Desa Janten dan Palihan sampai detik ini bahkan banyak yang belum melengkapi persyaratan," kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang R Heriyanto SH MM.

Masyarakat, ujar Heriyanto, mungkin belum percaya kalau tanah kas desa bisa disertifikatkan menjadi hak milik. "Dengan adanya bukti Pak Wabup sudah menyerahkan setifikat hak milik, harapan saya semua warga di relokasi yang belum melengkapi agar segera menyelesaikannya baik kelengkapan persyaratan, dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk dibayarkan. Demikian pula ada beberapa warga yang belum membayar tanah karena sesuatu hal, mohon agar segera membayarnya," katanya.

Ditandaskan Wabup Sutedjo kepada warga terdampak bandara, jangan khawatir terkait dengan sertifikat. "Ini buktinya, sertifikat sudah kami serahkan, karena memang syaratnya sudah lengkap untuk diproses. Yang lainnya tetap diproses, karena itu bagi yang belum melengkapi, diharapkan segera saja untuk meneliti ulang mana saja yang belum lengkap," kata Sutedjo.

Kades Jangkaran Murtakil Humam menyampaikan, dari 9 warga terdampak yang menempati relokasi 4, sementara 5 lainnya di tanah pekarangan sendiri. "Ini bangunan dan sertifikatnya sudah ada," katanya. Sementara itu, Sukarjo salah satu penerima sertifikat mengaku senang. "Bersyukur karena sertifikat sudah jadi. Terima kasih," ujarnya.(Wid/Rul)