DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 30 Oktober 2018 / 13:54 WIB

Lanal Yogyakarta Beri Pembinaan Warga Pesisir Gunungkidul

YOGYA, KRJOGJA.com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta berkomitmen  untuk memberikan pembinaan teritorial pemberdayaan wilayah pertahananan laut. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan dengan menggalakkan komunikasi sosial bersama masyarakat di kawasan pesisir pantai selatan.

"Kondisi dicapai pada hakekatnya bertujuan untuk menyiapkan aspek geografi, demografi dan kondisi sosial menjadi Ruang Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh melalui kemanunggalan TNI dan rakyat," tegas Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano di lanal setempat, Selasa (30/10/2018).

Seperti yang dilakukan Lanal Yogyakarta pada saat menggelar pelatihan pembuatan garam kepada warga Desa Pesisir Gunungkidul yang dipusatkan di Aula Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Sadeng, Kamis (25/10/2018). Pelatihan pembuatan garam ini diikuti 100 warga pesisir Dusun Putat Desa Songbanyu Kecamatan Girisubo Gunungkidul.

Pelatihan ini bertujuan untuk pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam wilayah menjadi sumber penghasilan serta pekerjaan warga pesisir. Dengan itu maka upaya meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat dapat tercapai. (*)