Olahraga Agregasi    Minggu, 21 Oktober 2018 / 21:42 WIB

Dikalahkan Qatar, Perjuangan Timnas U-19 Indonesia Luar Biasa

JAKARTA, KRJOGJA.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 menghadapi pertandingan kedua kontra Qatar pada Grup A Piala Asia U-19, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018), malam WIB.
Demi melengserkan Uni Emirat Arab (UEA) dari puncak klasemen sementara Grup A Piala Asia U-19, maka tiga poin wajib diraih Timnas Indonesia U-19. Akan tetapi hingga pertandingan berakhir, nyatanya Timnas Indonesia yang biasa dijuluki Garuda Nusantara harus kalah 5-6 dari Qatar.

Jalannya Pertandingan

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Babak Pertama

Sejak menit awal Timnas Indonesia U-19 sudah melancarkan serangan bergelombang ke pertahanan Qatar. Akan tetapi, Timnas Indoensia U-19 nyatanya harus kebobolan gol lebih dahulu akibat blunder dari Nurhidayat di kotak penalti.

Kapten Timnas Indonesia U-19 itu salah mengantisipasi umpan silang dari sisi kiri pertahanan. Bola yang terlepas pun bisa dimanfaatkan dengan matang oleh Hasim untuk membawa Qatar unggul pada menit ke-10.

Beberapa menit berselang, gawang Timnas Indonesia U-19 kembali kebobolan melalui kaki dari Abdulrasheed. Sepakan keras kaki kanan Abdulrasheed itu membawa Qatar unggul dua gol atas Timnas Indonesia U-19.

Tertinggal dua gol membuat pemain Timnas Indonesia U-19 berusaha bangkit dengan mencetak gol cepat. Akan tetapi, Timnas Indonesia U-19 justru harus tertunduk lesu lagi di menit ke-24 saat Mohammed Waad mencetak gol dari tendangan jarak jauh cantik. Timnas Indonesia U-19 pun tertinggal tiga gol tanpa balas dari Qatar.

Beberapa menit setelah gol ketiga Qatar, Timnas Indonesia U-19 bisa memperkecil ketinggalan melalui kaki Lutfi Kamal. Gelandang Timnas Indonesia U-19 itu bisa mencetak gol indah melalui situasi tendangan bebas. Timnas Indonesia U-19 pun memperkecil ketinggalan jadi 1-3 dari Qatar.

Kendati demikian, Qatar nyatanya bisa menambah gol kembali melalui kaki dari Abdulrasheed. Pemain Qatar itu membuat gol indah dengan sepakan keras dari kaki kanannya di menit ke-41. Gol itu pun membawa Qatar unggul empat gol berbalas satu dari Timnas Indonesia U-19 di babak pertama.

Babak Kedua

Babak kedua diawali dengan cukup cepat yang mana Timnas Indonesia U-19 berusaha untuk memperkecil ketinggalan dari Qatar. Akan tetapi, Hashim nyatanya bisa memperbesar keunggulan Qatar saat mencetak gol saat memanfaatkan kemelut di pertahanan Timnas Indonesia U-19 di menit ke-50.

Beberapa menit berselang, Abdulrasheed kembali menambah penderitaan bagi Timnas Indonesia U-19 di menit ke-56. Abdulrasheed yang mendapatkan umpan matang dari rekannya bisa mencetak hattrick di pertandingan itu.

Tertingal banyak gol dari Qatar, Timnas Indonesia U-19 nyatanya tidak berkecil hati. Para pemain Timnas Indonesia U-19 pun justru semakin bersemangat untuk mencetak gol balasan. Pada akhirnya, Timnas Indonesia U-19 bisa memperkecil ketinggalan melalui tendangan bebas dari kaki Todd Rivaldo Ferre.

Selepas gol dari Todd Ferre itu, Timnas Indonesia U-19 kembali mencetak gol melalui situasi tendangan bebas. Kali ini aktor protagoninya ialah Saddil Ramdani. Kedudukan pun berubah menjadi 3-6 untuk ketinggalan Timnas Indonesia U-19 dari Qatar.

Menit ke-72, Todd Ferre kembali membangkitkan semangat Timnas Indonesia U-19 setelah menciptakan gol keduanya di pertandingan itu. Todd Ferre mampu mengelabui beberapa pemain sebelum menceploskan bola ke dalam gawang Qatar.

Todd Ferre kembali jadi tokoh utama bagi Timnas Indonesia U-19 ketika di menit ke-81 mencetak hattrick ke gawang Qatar. Pemain yang baru masuk di babak kedua itu benar-benar jadi momok bagi pertahanan Qatar.

Gol dari Todd Ferre itu pun membuat Timnas Indonesia U-19 semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, Hingga pertandingan berakhir Timnas Indonesia U-19 harus menerima kenyataan takluk 5-6 dari Qatar.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Qatar.

Timnas Indonesia U-19: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat (C), Rachmat Irianto, Firza Andika; Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Lutfi Kamal, Saddil; Muhammad Rafli, Egy Maulana Vikri.

Qatar: Salah; Hashim, Ahmed Suhail, Abdulla, Youssef Ayman, Ahmed Albakheet, Nasir (C); Abdollah Ali, Khaled Mohammed; Mohamned Waad, Abdulrasheed. (*)