Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 21 Oktober 2018 / 16:50 WIB

Kaum Muda Malu 'Ngapak', Stand Up Banyumasan Digelar

PURWOKERTO, KRJOGJA.com - Guna melestarikan bahasa ngapak-ngapak atau Bahasa Banyumasan, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas, menggelar lomba unik, Monolog Komedi (Stand Up) Banyumasan  di Taman Rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto.  

"Kegiatan ini diikuti 24 Pramuka Penggalang dari berbagai pangkalan di Kwarcab Banyumas," kata Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab Banyumas, Purwadi Santosa, Minggu (21/10/2019).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Menurutnya lomba Stand Up bahasa Banyumasan  di bertujuan untuk memelihara dan mengembangkan budaya dan sastra banyumasan. Karena ada kekawatiran dan indikasi saat ini orang malu berkomunikasi dengan bahasa panginyongan. 

“Ada pengurangan jumlah penutur bahasa Panginyongan yang cukup signifikan, maka generasi muda perlu digalakan untuk mencintai bahasa ibunya,” ungkap Purwadi.

Berkaitan dengan kegitan lomba ini, ia mengaku senang dengan masih banyaknya minat dari generasi muda yang masih golongan siaga (usia 11-15 tahun) mengikuti lomba monolog Banyumasan, itu membuktikan masih banyak yang masih peduli dengan budaya dan sastra Banyumasan.

Dalam lomba itu, semua peserta membawakan tema pemilu damai sesuai tema yang diangkat oleh panitia. Deta Ade Saputri, siswa SMP Negeri 7 Purwokerto mengaku pemilu harus dilaksanakan dengan damai dan aman. Yang perlu didukung semua elemen masyarakat.
 
Terkait keberhasilannya dalam lomba, Deta membeberkan kiatnya adalah ketenangan dan penguasaan materi. "Saya tidak mempersiapkan secara khusus lomba ini. Hanya melihat tema, kemudian menyiapkan sistematika dan menyampaikan secara santai. Karena kalau terlalu tekstual akan monoton, tidak bisa berkembang dan tidak bisa komunikatif dengan audiens," jelasnya.

Pemenang lomba Monolog Komedi Banyumasan 2018 Juara 1 Dita Ade Saputri SMP Negeri 7 Purwokerto, Juara 2 Rafi Gian Fauzi SMP Negeri 8 Purwokerto, Juara 3 Nurohman Maulidia SMP Negeri 2 Ajibarang. 

Untuk juara harapan diraih oleh Nasya Nur Rohmah SMP Negeri 8 Purwokerto sebagai juara harapan 1, Sarah Wahyu R SMPN 1 Sumbang juara harapan 2 dan Iis Ramadani SMP Negeri 2 Cilongok juara harapan 3.(Dri)