Peristiwa Editor : Agus Sigit Minggu, 21 Oktober 2018 / 00:13 WIB

Air dari Kulonprogo Legakan Dahaga Korban Gempa Lombok

BANTUAN untuk korban gempa, salah satunya berbentuk air mineral. Jenis bantuan tersebut dibutuhkan warga, untuk memenuhi kebutuhan air yang bersih dan layak di minum. Apalagi sejak terjadi gempa bumi, ketersedian air bersih menjadi berkurang, karena sumur warga ditemukan banyak yang rusak, sehingga air menjadi keruh.

Untuk mengatasi kekurangan air bersih, beberapa dusun mencari sumber air bersih baru. Meski untuk menyalurkannya membutuhkan pipa-pipa tambahan yang cukup panjang.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Selain itu, sejumlah donatur juga memberikan bantuan air minum, seperti yang dilakukan dari Sumbangan Pembaca KR, yakni berupa air mineral. Salah satunya air mineral tersebut berasal dari Kulonprogo, DIY,  Airku, Produk PDAM Kulonprogo.

Selain dikunsumsi warga, untuk mengisi ketersediaan air layak minum, bantuan air dari Kulonprogo ini digunakan untuk minum peserta gotong-royong warga, termasuk gotong-royong membangun kembali  masjid yang rusak akibat gempa.
“Disini kami sedang membangun kembali masjid yang roboh. Kebetulan ada donatur dari organisasi yang membiayai pembangunan masjid. Air dari Kulonprogo ini kita gunakan untuk pelega warga yang sedang gotong-royong membangun masjid,” ujar Ketua RT 01,  Dusun Penyambuhan, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung Lombok Utara, Syahdu kepada <I>KR<P>.

Air dari Kulonprogo juga banyak disalurkan di daerah-daerah kering. Kehadiran air mineral ini sangat berharga ditengah musim kemarau yang belum berakhir. “Berapun diberi, tetap kurang. Karena air minum sudah menjadi kebutuhan yang penting,” ujar Noviandi , pengungsi dari Pringgebaye, Lombok Timur.

Panas yang begitu terik dan udara yang berdemu, menjadi ujian bagi pengungsi. Bantuan air minum menjadi melegakan mereka. (Jon)