Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 18 Oktober 2018 / 21:41 WIB

Bupati Hasto Jadi Pusat Perhatian di Solo, Ini Sebabnya

SOLO, KRJOGJA.com - Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo menjadi perhatian peserta seminar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Kamis (17/10/2018) karena konsep pengembangan ekonomi yang ditawarkan riil berpihak ke rakyat.

Bupati Hasto secara tegas tak mau uang warganya banyak tersedot keluar apalagi ke kantong asing. Karena itu, mengembangkan berbagai strategi termasuk menggalakan produk lokal. "Ketika bandara internasional beroperasi, kami tak ingin bermunculan mini market. Bandara akan kami isi dengan Tomira atau toko milik rakyat."

Bahkan, sejak awal Hasto juga tidak ingin bermunculan kopi berbau asing seperti starbuck. "Kami sudah siapkan kopi Kulon Progo dengan nama Star Prog," katanya yang mengundang tepuk tangan hadirin. Semuanya dikelola koperasi-koperasi yang mampu menggerakan ekonomi rakyat.

Beli produk sendiri dan menguasai pasar lokal adalah spirit yang ditularkan kepada UMKM. Bupati Hasto menyentil apa manfaat mengembangkan Smart City kalau uangnya banyak tersedot keluar. "Sekarang di Kulon Progo masih ada sekitar 16 mini market. Tahun 2019 kami target sudah berubah menjadi Tomira." (Qom)