Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 18 Oktober 2018 / 16:23 WIB

Jenazah TKI Meninggal di Korsel Akhirnya Dimakamkan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Suasana duka menyelimuti rumah keluarga almarhum Triyanto (30), TKI asal Karanganyar yang meninggal dunia di Korea Selatan (Korsel). Jenazahnya dimakamkam di kampung halamannya di Astana Jlono Kemuning, Ngargoyoso, Kamis (18/10/2018) setelah sepekan kematiannya. 

Jenazah ayah seorang anak ini disemayamkan di rumah duka, di Tegalwinangun Rt 02/Rw XIII Kelurahan Tegalgede, Karanganyar Kota sebelum dikubur di tempat pemakaman. Jenazah diterbangkan dari Bandara Incheon, Korsel menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Rabu (10/10). Dari situ, dibawa via jalur udara ke Bandara Adi Soecipto, Yogyakarta hingga sampai di rumah duka via jalur darat pada Kamis dini. 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Suami dari Nofi Setyaningsih yang bekerja di perusahaan penangkap ikan di Korea, meninggal karena tercebur ke Laut Gwangdo, Samsan-Myon di wilayah Kota Yeosu pada Kamis (11/10) pukul 18.47 waktu setempat.

Ditemui saat melayat di rumah duka, Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Karanganyar Waluyo Dwi Basuki, mengatakan, proses pemulangan jenazah relatif lancar. 

"Ini kasus pertama tahun ini. TKI asal Karanganyar meninggal karena kecelakaan kerja. Semoga ke depan tidak ada lagi. Sebenarnya, standar keselamatan kerja di Korsel tinggi. Tapi karena faktor X, informasinya terjerat tali, yang membuat almarhum terhempas ke laut," tuturnya. 

Mengenai hak-hak Triyanto, Basuki mengatakan, semua akan diurus dengan bantuan Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Semarang. (Lim)