Jateng Editor : Agus Sigit Minggu, 14 Oktober 2018 / 22:13 WIB

Dorong Ekonomi Mandiri, Desa banyuanyar Luncurkan Program Pasar Rakyat

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Dalam rangkan mendorong penguatan ekonomi yang mandiri di tingkat desa, Pemerintah Desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel menggelar Pasar Rakyat, Minggu (14/10) di balai desa setempat.

 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak tiga ton beras dan masing-masing satu ton gula pasir dan minyak dijual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat kecil. Untuk beras premium dijual seharga Rp9.500/kg, sedang gula pasir Rp10 ribu/kg dan minyak goreng Rp11 ribu/liter.

Kepala Desa Banyuanyar, Komarrudin mengatakan, para rakyat yang diadakan sekaligus untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila tersebut diharapkan bisa mengendalikan inflasi di tingkat desa, dengan memotong jalur distribusi sembako dan mendekatkannya pada konsumen. "Ini untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di Desa Banyuanyar dan sekitarnya," katanya.

Tak hanya sekali saja, pasar rakyat ini akan menjadi program berkelanjutan. Nantinya, pasar rakyat akan dikelola dengan menggandeng pelaku ekonomi sebagai mitra. Adanya program ini juga akan mendorong tumbuhnya UMKM yang bisa menjadi kekuatan ekonomi masyarakat desa. Tujuannya, nanti akan tercipta kekuatan dan kedaulatan ekonomi yang mandiri di Desa Banyuanyar dan sekitarnya.  

Program Pasar Rakyat juga diadakan untuk mendukung program Desa Wisata banyuanyar sebagai produsen kopi yang sudah mentahbiskan diri sebagai desa Kampus Kopi atau Kampung Susu dan Kopi. "Pasar rakyat ini juga menjadi salah satu program yang saling terkait dengan program pemberdayaan lainnya untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat," ujarnya. (Gal)