Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 14 Oktober 2018 / 13:36 WIB

TKI Tewas di Korsel, Keluarga Tunggu Pemulangan Jenazah

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Tenaga kerja Indonesia asal Tegalwinangun Rt 02/Rw XIII Kelurahqn Tegalgede, Karanganyar Kota, Triyanto (30) meninggal dunia akibat tercebur di Laut Gwangdo, Kota Yeosu, Korea Selatan (Korsel), Kamis (11/10). Kini, keluarga menunggu pemulangan jenazah korban ke kampung halamannya. 

"LPK Hanil yang menjadi penyalur kerjanya, mengabarkan kalau menantu saya (Triyanto) meninggal dunia. Saat ini sedang menunggu pemulangan jenazah dari Korsel," kata Sutar, mertua korban kepada wartawan, Sabtu (13/10). 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Pemerintah kelurahan setempat bersama petugas Dinas Ketenagakerjaan juga menyampaikan kabar duka itu. Yakni, Triyanto tercebur ke laut saat bekerja di kapal penangkapan ikan sekitar pukul 18.47 waktu setempat. Usai dievakuasi, jenazah dikirim ke rumah duka Jeosu Jeonnam, Kota Yeosu. Dari keterangan petugas, dibutuhkan waktu lima hari memulangkan jenazah ke kampung halamannya. Sehingga, jenazah disalatkan lebih dulu di Busan, Korsel. 

"Menantu saya itu mengikuti pendidikan bahasa Korea di LPK Hanil empat bulan lalu. Setelah itu baru berangkat kerja ke Korea. Triyanto rutin berkirim kabar. Terakhir kali dia bilang sehat-sehat saja ke istrinya. Itu melalui telepon sekitar sepekan lalu. Semua baik-baik saja. Kerjaannya juga beres," katanya. 

Pengelola LPK Hanil, Suyono, mengatakan, KBRI Seoul menginformasikan kecelakaan kerja yang menimpa Triyanto. Soal kepulangan jenazah, Suyono mengaku belum mengetahui secara pasti. Pasalnya, saat ini, masih dalam proses administrasi, baik dari perusahaan maupun dari kedutaan di Korea Selatan. (Lim)