Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 14 Oktober 2018 / 13:51 WIB

Perempuan Kader NU Purworejo Rilis Senam Fatayat

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 2.150 perempuan kader PC  Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Purworejo mengikuti senam massal di Alun-alun Purworejo, Minggu (14/10). Mereka olahraga bersama sekaligus merilis Senam Fatayat. Senam berdurasi kurang lebih 20 menit itu diciptakan pengurus pusat Fatayat NU. 

"Kami berharap bisa jadi pioner dalam sosialisasi Senam Fatayat, sehingga gerakan lebih dikenal masyarakat. Harapan kami senam itu dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat," ucap Ketua PC Fatayat NU Purworejo R Nurul Komariyah, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Menurutnya, Senam Fatayat sama dengan gerakan senam lainnya. Namun, lanjutnya, ada sedikit perbedaan karena Senam Fatayat berdasarkan syariah Islam sehingga menghilangkan gerakan yang dinilai berlebihan. Peserta senam massal melebihi target yang ditetapkan panitia. 

"Awalnya ditarget seribu peserta, nyatanya bisa dua kali lipat. Mereka adalah kader Fatayat dari 16 kecamatan," katanya.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengemukakan, perempuan Fatayat wajib menjaga kesehatan. Dalam tubuh yang sehat, katanya, terdapat jiwa yang kuat. "Jika tidak sehat, tidak bisa berpikir, tidak bisa beraktivitas. Apabila sehat, ibu bisa menjalankan perannya melayani suami dan membina keluarga," tuturnya. (JaS)