Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 12 Oktober 2018 / 15:46 WIB

867 PAUD di Karanganyar Terima BOP Tahun 2018

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Sebanyak 867 lembaga PAUD di Karanganyar menerima bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) tahun 2018. Uang bersumber APBD itu bisa untuk menggaji guru, pengadaan sarana pembelajaran, bayar listrik, bayar air, outbound dan kegiatan luar sekolah.

 

"Jumlah siswa per PAUD minimal 12 anak, agar bisa dikucuri BOP. Yang kurang dari itu tidak dapat BOP. Besar bantuan Rp 600 ribu per tahun per anak. Jadi ada yang menerima Rp 7,2 juta per tahun, ada yang Rp 10 juta sesuai peserta," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa saat memberikan sambutan acara di Pembinaan Pelaksanaan BOP PAUD Tahun 2018 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Wanita Karanganyar, Kamis (11/10).

BOP rutin disalurkan setiap Oktober. Program dari pemerintah pusat itu sudah berjalan tiga tahun terakhir. Jumlah penerima BOP di Kabupaten Karanganyar bertambah setiap tahun. Pada 2016 sebanyak 618 lembaga PAUD sedangkan pada 2017 sebanyak 825 lembaga PAUD. Jumlah itu bertambah menjadi 867 lembaga PAUD pada 2018.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan pendidikan anak usia 0-6 tahun penting. Oleh karena itu peran guru PAUD strategis membentuk kecerdasan anak. Yuli, sapaan akrabnya, mengingatkan peran guru PAUD sebagai pengganti orangtua selama di sekolah.

"Tumbuhkan percaya diri, semangat anak-anak. Gunakan uang dari pusat sebaik-baiknya. Ada juknis. Tujuan bantuan itu untuk menghidupkan PAUD. Titip anak-anak, gembirakan, pintarkan mereka. Ajak mereka mengenal Tuhan, menghormati orangtua, jadi manusia yang berguna, dan belajar tentang perbedaan," tuturnya. (Lim)