Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 12 Oktober 2018 / 21:12 WIB

Cegah Rentenir, Pemkab Banyumas Siapkan Dana Bergulir Rp2,7 Miliar

BANYUMAS,KRJOGJA.com- Guna mengantisipasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari jeratan  rentener Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas melalui APBD mengalirkan dana bergulir Rp 2,7 miliar yang diperuntukan para pelaku  UMKM.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinarkop dan UKM), Suwardi yang didampingi Kepala Bidang UKM, Rozani Umdati, Jumat (10/10
2018), di ruang kerjanya menjelaskan, untuk tahun 2018 dana bergulir yang disiapkan Pemkab Banyumas sebanyak Rp 2,7 miliar.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Dana tersebut  disalurkan dua tahap, untuk tahap pertama sudah disalurkan sebanyak Rp 1.1 miliar yang diperuntukan untuk 32 kelompok usaha. Dana bergulir bunganya hanya 2 persen pertahun," kata Rozani Umdati.

Menurut Rozani setiap kelompok usha berjumlah 15 sampai 20 orang dengan besaran pinjaman dana bergulir Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Dijelaskan penyalurkan dana bergulir berdasarkan proposal yang masuk kemudian diverifikasi tim terpadu yang melibatkan Dinarkop dan UKM, Badan Keuangan Daerah (BKD),Bagian Perekonomian, dan Bappeda.

"Verifikasi dilakukan untuk mengetahui kondisi riil kelompok usaha mikro di lapangan.Para penerima dana pinjaman bergulir dilakukan berdasarkan hasil seleksi tim. Salah satu syarat untuk mendapat pinjaman dana bergulir adalah bankable atau layak dari sisi perbankan."

Mekanisme pencairan dana bergulir melalui PD BPR BKK Purwokerto. Penerima dana pinjaman bergulir juga mendapat keringanan, antara lain tidak dipungut biaya administrasi dan bunga pinjaman relatif rendah, yakni 2 persen per tahun. (Dri)

Lama pengembalian pinjaman maksimal 5 tahun. “Akses dana pinjaman untuk permodalan ini sangat mudah dan murah. Pelaku usaha mikro juga tidak ada agunan. Mereka cukup mengisi formulir pendaftaran, dilampiri KTP/KK dan surat keterangan memiliki usaha,” kata Ani. (Dri)