Peristiwa Editor : Ivan Aditya Jumat, 12 Oktober 2018 / 07:43 WIB

PBB Puji Aksi Cepat Jokowi Atasi Bencana

JAKARTA, KRJOGJA.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memuji kecepatan aksi pemerintahan Presiden Joko Widodo menanggulangi bencana gempa dan tsunami di Lombok serta Sulawesi Tengah.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Antonio di Ruang Balai Citra, Hotel The Laguna Resort & Spa Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. "Sekjen PBB mengatakan masyarakat Indonesia memiliki resiliensi tinggi dan mengapresiasi respons cepat pemerintah sehingga situasi dapat diatasi dalam waktu yang singkat," ujar Retno melalui keterangan resmi, Kamis (11/10/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Pemerintah pusat turut membantu pemerintah daerah dan provinsi pascabencana di Lombok, Palu, dan Donggala. Di Sulawesi Tengah, kini listrik telah beroperasi lebih dari 70 persen setelah hampir mati total seminggu lalu. Penanganan gempa di Lombok pun bertaraf nasional meski tak berstatus bencana nasional.

Antonio, kata Retno, memuji kinerja pemerintahan Indonesia sebab menurutnya tidak mudah bekerja dalam kondisi sulit atau emergency seperti itu. Ia turut menyampaikan dukacita atas bencana yang menelan lebih dari 2000 jiwa.

Dalam kesempatan itu, Sekjen PBB juga memuji kontribusi Indonesia dalam perdamaian, salah satunya upaya perdamaian Palestina dan Rakhine State, Myanmar. "Sekjen PBB mengatakan cara Indonesia mendekati isu dinilai pas sehingga Indonesia dapat memberikan kontribusi walaupun situasinya tidak mudah," tuturnya. (*)