Peristiwa Editor : Ivan Aditya Jumat, 12 Oktober 2018 / 08:19 WIB

Rini Soemarno Tegaskan Kenaikan Harga BBM Hanya Pertamax

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku kaget dengan kenaikan harga Premium yang sempat diumumkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Sebab, menurut kesepakatan terakhir dalam rapat internal pemerintah, penyesuaian harga hanya untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax yang dijual PT Pertamina (Persero).

"Kok kemudian ada (kenaikan) yang untuk Premium? Padahal, dengan penyesuaian ini (Pertamax) sudah sangat membantu keuangan Pertamina," ujarnya.

Kenaikan harga Pertamax tak bisa dihindari akibat melesatnya harga minyak mentah dunia. Terlebih, kompetitor Pertamina telah lebih dulu melakukan penyesuaian harga. "Dari awal memang kami hanya menekankan Pertamax," tegas Rini.

Sementara, untuk harga Premium, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, diputuskan tidak naik untuk menjaga inflasi dan daya beli masyarakat, terutama dari golongan menengah ke bawah.  Rini menyadari Pertamina harus menjaga kesehatan keuangannya mengingat perusahaan minyak pelat merah itu tengah menggarap sejumlah proyek, baik di hulu maupun di hilir. (*)