Gaya Hidup Editor : Ivan Aditya Jumat, 12 Oktober 2018 / 03:44 WIB

Instagram Bersihkan Foto Bullying

AMERIKA, KRJOGJA.com - Instagram mengandalkan teknologi machine learning untuk memberantas perundungan (bullying) yang muncul di foto dan keterangan foto penggunanya. Perusahaan berbagi foto dan video singkat ini mengumumkan hal tersebut.

Nantinya, unggahan yang bernada perundungan akan dikirimkan ke tim operasional komunitas Instagram untuk ditinjau lebih lanjut. "Perundungan daring sangat rumit, dan kami sadar kami harus bekerja lebih lanjut untuk membatasi perundungan dan membagikan kebaikan di Instagram," ungkap kepala Instagram yang baru, Adam Mosseri dalam blog resminya.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Mosseri ditunjuk untuk menakhodai Instagram setelah ditinggal oleh dua pendirinya Kevin Systrom dan Mike Krieger. Informasi pelackan perundungan merupakan hal baru yang diungkap setelah Instagram beralih kepemimpinan.

Juru bicara perusahaan mengatakan teknologi yang dimiliki Instagram bisa mendeteksi perundungan dan pelecehan. Misalnya komentar bernada menghina penampilan fisik seseorang atau mengomentari kondisi kesehatan seseorang dengan kesan negatif.

Sebagai contoh, teknologi ini akan mengidentifikasi perundungan dengan membandingkan dan menilai gambar dan keterangan foto, seperti membandingkan sosok satu orang dengan orang lainnya dengan nada sumir. Namun demikian, tidak dijelaskan lebih rinci sejah mana kemampuan teknologi tersebut mendeteksi dan bisa menganalisa foto yang diunggah tanpa keterangan. (*)