Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 11 Oktober 2018 / 20:44 WIB

115 Warga Rejosari Dapat Dokumen Kependudukan

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Temanggung menyerahkan dokumen kependudukan pada 115 warga Dusun Rejosari Desa Muncar Kecamatan Gemawang, setelah tidak jelas kependudukannya sekitar enam tahun terakhir. Dokumen diserahkan langsung oleh Bupati Temanggung Al Khadziq pada perwakilan warga.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Temanggung Agus Wahyudi Budiono mengatakan beberapa hari lalu telah terbit Surat Keputusan Bupati Temanggung nomor 209 Tahun 2019 tentang penamaan Dusun Rejosari, sehingga kini hal-hak keperdataan warga sudah sah. " ata penduduk dan NIK sudah ada, warga Dusun Rejosari kini sudah sah," kata Agus kepada KRJOGJA.com, Kamis (11/10/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Dia mengatakan Dusun Rejosari merupakan dusun baru, yang merupakan relokasi dari Dusun Blawongwetan. Mereka direlokasi sekitar tahun 2011 karena terancam longsor. Area relokasi sendiri tanah bengkok desa. Nama Rejosari mulai digunakan sebagai penanda harapan warga lebih meningkat kesejahteraanya dibanding di dusun lama.

Di Blawong Wetan, katanya sudah tidak ditempati, namun nama Dusun Rejosari masih belum tercatat di Pemkab Temanggung, selama ini nama dusun tersebut mengambang. "Setelah ada SK kini nama itu bisa digunakan," katanya.

KTP warga, terangnya, juga baru dan sudah beralamat di Dusun Rejosari Kauman Desa Muncar Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung. Bupati Al Khadziq mengatakan warga harus cermat dan menggunakan data kependudukan sebagaimana mestinya.

Mestinya yang telah menikah pun harus alih status jangan menundanya hingga punya anak lima. Pada orang tua harus mendorong anaknya mendapat pada Kartu Indonesia Anak (KIA) fungsinya agar mereka punya identitas, sehingga hak-hak anak dapat terpenuhi. "Kami mohon dokumen digunakan sebagaimana mestinya dan anak-anak didaftarnya sebagai pemegang KIA," katanya. (Osy)