DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 11 Oktober 2018 / 22:10 WIB

BERPERAN CEGAH NIKAH DINI

SMAN 2 Wonosari Siaga Kependudukan

WONOSARI, KRJOGJA.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY Drs Bambang Marsudi MM meresmikan Pojok Kependudukan ‘Widyatama’ di SMA Negeri 2 Wonosari, Kamis (11/10/2018). Selain itu, Kepala SMAN 2 Wonosari Sumardi MPd juga mengukuhkan siswa kelompok siaga kependudukan periode 2018-2019. 

“Melalui peresmian Pojok Kependudukan dan dikukuhkannya kelompok melibatkan siswa diharapkan mengatasi permasalahan yang ada. Salah satunya mencegah terjadinya pernikahan dini,” kata Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sudjoko MSi ketika membacakan Sambutan Bupati Gunungkidul.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Kegiatan dihadiri Kepala Balai Pendidikan Menengah DIY Endah Purnamawati, Camat Wonosari Drs Siswanto MM, muspika, Kepala KUA, Puskesmas dan undangan. Diungkapkan, selain nikah dini, permasalahan seperti obat terlarang dan narkoba diperlukan antisipasi bersama-sama. SMAN 2 Wonosari merupakan satu-satunya sekolah di Gunungkidul yang kini memiliki komitmen untuk siaga kependudukan. Sehingga diharapkan siswa dapat lebih dahulu untuk menuntaskan belajar dan mengembangkan diri. Sebelum nantinya masuk ke jenjang pernikahan. 

“Narkoba kini juga sudah memperihatinkan dan memerlukan penanganan bersama,” jelasnya.

Kepala SMAN 2 Wonosari Sumardi menambahkan, dengan adanya pojok kependudukan, siswa nantinya dapat mempelajari tentang banyak hal. Serta ikut juga mengatasi dan mengantisipasi permasalahan yang muncul di lapangan. Dukungan dari semua pihak, tentunya diharapkan sekolah akan mampu memberikan kontribusi dalam ikut andil menangani atau mencegah masalah tentang kependudukan.(Ded)