DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 11 Oktober 2018 / 15:20 WIB

Pilkada Serentak di 30 Desa, Polres Lakukan Pengamanan Ketat

WONOSARI, KRJOGJA.com - Kepolisian dan Pemkab Gunungkidul telah melakukan kesiapan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 30 desa yang akan berlangsung Sabtu (13/10/2018) besok. Khusus untuk kelengkapan logistik telah didistribusikan ke 30 desa penyelenggara Pilkades dan telah dilakukan pengamanan secara intensif. 

“Khusus kegiatan pengamanan pilkades telah dilakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, termasuk TNI, Satpol PP, Linmas dan penyelenggara pilkades selama 24 jam,” kata Kapolres Gunungkidul, Polda DIY AKBP Ahmad Fuady SH SIk Kamis (11/10/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Khusus dari aparat kepolisian jumlah tim pengamanan yang melibatkan seluruh fungsi dan juga aparat kepolisian sektor seluruhnya ada 600 personel, ditambah dengan petugas Polsek di wilayah masing-masing penyelenggara pilkades serentak. Mereka itu nantinya akan bergabung dengan petugas linmas dimasing-masing desa penyelenggara pilkades dari proses pengawalan logistik maupun pengamanannya.

Terkait dengan pelaksanaan pengamanan pilkades serentak kepolisian dan pemerintah kabupaten telah melakukan koordinasi dan pemetaan terhadap titik-titik rawan. Dengan melakukan pemetaan dan kewaspadaan diharapkan pelaksanaan pilkades serentak berjalan sebagaimana diharapkan dan terbebas dari berbagai gangguan. 

“Formasi pengamanan khusus dari kepolisian ini berbeda tergantung dari tingkat kerawanan desa yang bersangkutan,”imbuhnya.

Untuk pelaksanaan pilkades serentak tahun ini dari sebanyak 144 desa yang menyelenggarakan pilkades ada 30 desa.  Adapun desa-desa yang memiliki kandidat  calon terbanyak adalah Desa Mertelu,  Gedangsari dengan 6 calon; Desa Watugajah, Gedangsari ada 5 calon; serta Desa Siraman di Kecamatan Wonosari dengan 5 calon. Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sudjoko MSi berharap agar masyarakat yang memiliki hak suara, menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. Sehingga nantinya dapat terpilih kepala desa yang benar-benar mampu memimpin desa menuju arah yang lebih baik. 

“Dana Pilkades ini dari APBD kepada desa melalui APBDes Rp 1,239 miliar. Serta ditambah belanja langsung untuk pengadaan logistic Rp 400 juta," jelas Sudjoko. 

Dari 30 desa, untuk Kecamatan Playen menjadi wilayah terbanyak yang akan melaksanakan Pilkades yakni  Desa Dengok, Ngunut, Ngawu, Bandung dan Logandeng. Kecamatan Wonosari ada dua Desa Baleharjo dan Siraman. Kecamatan Paliyan  Desa Mulusan, Kecamatan Panggang Desa Girisuko, Kecamatan  Semanu  Desa Candirejo, Kecamatan Karangmojo  Desa Kelor, Kecamayan Ponjong  Desa Sidorejo dan  Kecamatan Rongkop Desa Botodayaan.

Sementara  untuk  Kecamatan Patuk  Desa  Ngoro-oro dan Terbah,  Kecamatan Nglipar Desa Katongan, Kecamatan Semin Desa Kalitekuk dan Bulurejo,  Kecamatan Ngawen Desa Jurangjero, Kampung, dan Watusigar. Sedangkan untuk Kecamatan Gedangsari  Desa Mertelu, Watugajah, dan Sampang. Sementara di Kecamatan Saptosari  Desa Jetis, Kepek, Kanigoro, dan Monggol. (Ded)