Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 11 Oktober 2018 / 15:26 WIB

Perantau Berharap Palu Segera Pulih

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengidentifikasi kebutuhan puluhan perantau usai kepulangannya dari Palu, Sulawesi Tengah. Mereka berasal dari sejumlah kecamatan di Bumi Intanpari.

"Warga Karanganyar yang merantau di Palu, pulang secara bergelombang. Saat ini terdata 86 orang di Dusun Mojodipo, Desa Jatirejo, Kecamatan Jumapolo. Kami hadir untuk mendata berapa jiwa per KK, usia, berapa yang masih sekolah, kebutuhan mereka di waktu dekat dan rencananya ke depan," kata Kepala Dinas Sosial, Agus Heri Bindarto kepada wartawan, Kamis (11/10).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Tim identifikasi diantaranya dari Dinas Sosial, Bagian Kesra, PMI, Dinas Pendidikan, Kesbang, dan P3APPKB Kabupaten Karanganyar. Identifikasi dipusatkan di salah satu pekarangan rumah warga, yang dipakai tinggal sementara puluhan perantau itu. Mereka pulang ke kampung halaman pada Selasa (9/10) lalu usai Palu diporak-porandakan bencana alam, akhir September. 

Katijo, seorang perantau Palu asal Jumapolo mengatakan butuh waktu menata psikologis keluarganya dan menunggu Palu kembali pulih, sebelum kembali ke perantauan. Bersama puluhan warga perantau lain, mereka pulang ke kampung halaman pada Selasa lalu. Di perantauan, mereka mencari nafkah dengan berdagang dan menjadi karyawan.

“Enggak bisa jualan karena kondisinya seperti itu. Menenangkan diri dulu di kampung. Dua anak saya masih trauma,” kata pria yang merantau di Palu sejak tahun 1994 ini. (Lim)