Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 11 Oktober 2018 / 14:40 WIB

Bisnis Kuliner Berdayakan Difabel Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Penyandang disabilitas di Kabupaten Purworejo berhasil memberdayakan diri di bidang ekonomi. Mereka bersatu membuka usaha kuliner produksi roti dengan outlet dan rumah produksi di DusunTambahrejo Desa Krendetan Kecamatan Bagelen.
  
Ratusan penyandang difabel dari sepuluh kecamatan bersepakat memberdayakan diri difasilitasi Persaudaraan Warga Bagelen (PWB) dan Yayasan Yakkum. Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti meresmikan outlet dan rumah produksi itu.  "Sebuah outlet sekaligus rumah produksi Makmur Bakery diluncurkan. Kami juga memfasilitasi pelatihan kepada mereka," tutur Wakil Ketua PWB Supriyo, kepada KRJOGJA.com, Kamis (11/10).

Menurutnya, upaya memberdayakan penyandang disabilitas dilakukan kurang lebih setengah tahun terakhir. Awalnya hanya penyandang disabilitas di Kecamatan Bagelen yang difasilitasi, kemudian bisa menjangku hingga sepuluh kecamatan. Karena itu, PWB menargetkan penyandang disabilitas di 16 kecamatan bisa diberdayakan lewat usaha kuliner Makmur Bakery. Usaha tersebut membuat aneka jenis kue kering dan basah. Kendati berhasil memiliki outlet, namun kegiatan produksi masih menghadapi kendala.  "Mereka masih butuh sarana dan prasarana pendukung untuk memajukan usaha. Bahkan masih punya mimpi memiliki outlet di lokasi yang strategis," ucapnya. (Jas)