DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 11 Oktober 2018 / 10:56 WIB

CPNS 2018, Formasi Dokter Spesialis tak Diminati

WONOSARI, KRJOGJA.com - Jumlah pendaftar calon Aparatur Sipil Negara (ASN) sejak dibuka pada awal Oktober 2018 terus meningkat, namun demikian masih terdapat sejumlah formasi yang hingga menjelang penutupan  pendaftaran belum ada peminat.

Berdasarkan data yang ada, formasi yang masih sepi pendaftar yakni kategori
dokter spesialis. Seperti dokter spesialis anak, spesialis bedah, spesialis paru, bedah mulut, patologi anatomi, penyakit dalam, radiologi, rehabilitasi medik dan beberapa kursi ASN kategori dokter spesialis lainnya.

"Padahal formasi ini sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan yang nantinya akan ditempatkan di RSUD,” kata Kepala Bidang Formasi, Pengembangan dan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKKPD) Gunungkidul, Reni Linawati, Rabu (10/10).

Secara umum antusias pendaftar CASN di Gunungkidul sebenarnya cukup tinggi apabila dibandingkan beberapa kabupaten lainnya. Hal itu terbukti dari jumlah pendaftar yang kini telah mencapai 1.614 orang. Jumlah ini jauh melampaui formasi yang tersedia yang hanya sebanyak434 formasi ASN yang dibutuhkan.

Selama ini BKPPD terus berupaya meningkatkan jumlah pendaftar untuk tes seleksi CASN di lingkungan Pemkab Gunungkidul di antaranya adalah dengan terus melakukan sosialisasi baik secara tatap muka maupun melalui media sosial ataupun akun resmi BKPPD Gunungkidul. "Ada juga formasi dokter untuk mengisi kekosongan 13 puskesmas tetapi juga masih sepi pendaftar,” imbuhnya.

Selain formasi dokter, ternyata untuk guru pun juga masih ada beberapa yang kosong, di antaranya formasi guru Agama Katolik di SMP Karangmojo, Saptosari dan SMP 4 Wonosari. (Bmp)