Olahraga Editor : Agus Sigit Rabu, 10 Oktober 2018 / 17:39 WIB

PSS Sleman Kalahkan PSIM Empat Gol Tanpa Balas

SLEMAN, KRJOGJA.com - PSS keluar sebagai pemenang di derbi DIY putaran kedua Rabu (10/10/2018) petang. Menghadapi saudara tua PSIM Yogyakarta, PSS unggul cukup telak dengan skor 4-0.

 

Kedua tim sama-sama menurunkan skuad terbaiknya sejak awal laga. PSS menggunakan skema andalannya dengan mematok El Loco Gonzales sebagai juru gedor pun begitu dengan PSIM yang memasang topskor sementarannya Ismail Haris.

Rangga Muslim dan Rival Lastori menjadi flank andalan di tubuh PSS, sementara Supriyadi Eeng dan Hendrico Satriadi dipos sebagai sayap Laskar Mataram. Di lini tengah duel sengit terjadi saat Arie Sandy, Amarzukih dan Ichsan Pratama bertemu Raymond Tauntu, Yoga Pratama dan Hendika  Arga Permana.

Di posisi belakang tampaknya juga menyajikan komposisi terbaik yakni M Zamzani dan Rian Miziar bagi kubu PSS diimbangi M Arifin dan Fandy Edi bagi PSIM. Pun dengan bek kanan kiri yang juga menjadi komposisi utama seperti Bagus Nirwanto, Vandy Prayoga untuk PSS dan Riskal Susanto bersama Crah Eka Angger bagi PSIM.

Benar saja, laga seru tersaji di babak pertama karena kedua tim bermain sama-sama terbuka. Meski begitu, tuan rumah PSS sedikit mendominasi permainan dengan serangan-serangan yang langsung berupaya menciptakan gol.

Terbukti, menit 20 PSS berhasil unggul saat sepakan kaki kiri Rangga Muslim dari dalam kotak penalti mampu menembus jala gawang Ivan Febrianto. Umpan silang Rifal Lastori memanfaatkan bola lepas penguasaan Crah Eka Angger berhasil menemukan Rangga yang dengan sekali kontrol mampu melepas sepakan keras.

Tuan rumah kembali unggul empat menit berselang setelah El Loco Gonzales mampu menceploskan bola ke sudut kiri atas gawang PSIM. Umpan Ichsan Pratama berhasil diteruskan dengan sepakan terukur El Loco yang mengubah papan skor menjadi 2-0.

PSIM berupaya bangkit untuk memperkecil kedudukan namun petaka kembali hadir untuk kubu tim tamu satu menit berselang. El Loco Gonzales kembali jadi aktor antagonis setelah mencetak gol ketiga bagi PSS memanfaatkan umpan silang Rifal Lastori yang gagal dihalau bek PSIM. Papan skor berubah 3-0 untuk keunggulan PSS.

Di akhir laga, PSIM sempat mendapatkan peluang emas saat wasit Ahmad Tuharea memberikan hadiah penalti setelah melihat pelanggaran Vandy Prayoga atas Hendrico. Sayang eksekusi Raymond Tauntu melebar di sisi kanan gawang Ega Rizky.

Memasuki babak kedua, ternyata PSS tak berniat mengendurkan serangan. Dua menit pertandingan berjalan, Ichsan Pratama berhasil menciptakan gol keempat melalui sepakan kaki kiri memanfaatkan umpan Lastori dari sisi kiri pertahanan PSIM.

Tim tamu PSIM baru berhasil menemukan keseimbangan permainan setelah gol keempat. Crah Eka Angger yang selalu diserbu penyerangan PSS digantikan Risman Maidullah dengan harapan memberikan tekanan di sisi kanan Sleman.

Secara bergantian kedua tim mencipta peluang salah satunya PSS melalui sepakan kaki kiri Rifal Lastori yang masih mampu diantisipasi Ivan Febrianto. Pun PSIM juga mencipta peluang melalui Hendika Arga Permana yang sayangnya juga masih bisa diamankan barisan pertahanan PSS.

Rifal Lastori hampir menjebol gawang PSIM untuk kelima kalinya saat laga mendekati menit akhir setelah mendapatkan umpan terobosan cepat dari M Zamzani yang berhasil melakukan serangan cepat. Beruntung bagi PSIM karena Ivan Febrianto berhasil mengamankan bola.

Tidak ada gol tercipta hingga perpanjangan waktu 2 menit usai. PSS menyudahi perlawanan tim tamu PSIM dengan skor akhir 4-0. (Fxh)