Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 09 Oktober 2018 / 19:06 WIB

Unissula Gelar Peringatan Tahun Baru Islam

SEMARANG, KRJOGJA.com - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menggelar  Peringatan Tahun Baru Hijriah (Muharram) dan pemberian Unissula Award bagi tokoh yang dianggap berprestasi di bidangnya, Selasa (9/10/2018) .

Peringatan diawali pidato Rektor Unissula Ir Prabowo Setiyawan MT PhD terkait kemajuan dan prestasi Unissula selama setahun terakhir. Disusul, pemberian Unissula Award kepada KH Mohammad Zarkasyi (almarhum) pendiri pondok pesantren modern Gontor yang dianggap Unissula berjasa luar biasa dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. 

Unissula Award diserahkan Rektor Unissula kepada Rektor UNIDA Gontor Prof Dr Amal Fathullah Zarkasyi MA. Acara diisi pula dengan pidato dengan keybote speaker  Ir Muhaimin Iqbal (Chairman of Indonesian  Startup Center) tentang hijrah peradaban. Kehadiran internet dan IT, menurutnya,  sangat mengubah peradaban di hampir semua bidang. Dulu tidak membayangkan kalau dunia akan digerakkan dengan teknologi internet dan IT di segala bidang. 

Sekarang, internet dan IT belum pudar sudah ada teknologi terbaru yang siap mengguncang dunia yaitu blockchain semacam tools atau peralatan untuk mempercepat perkembangan bisnis dan teknologi terapan di semua sektor yang bisa menunjang kemajuan peradaban manusia.

“Ada 10 sektor berpeluang dikembangkan dengan teknologi blockchain agar menjadi peradaban yang maju, lebih berkelanjutan dan sesuai dengan nilai nilai Islam. Yaitu sandang, pangan, papan, energi, pekerjaan, permodalan, konsumsi dan produksi, feedstock/industri dasar, layanan sosial dan generasi. Misal sandang, sebagian besar kebutuhan sandang dibuat dari bahan kapas yang kita impor hampir 100 persen." (Sgi)