DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 09 Oktober 2018 / 15:31 WIB

Job Fair UNY ke-11, Sediakan 3.125 Lowongan Kerja

SLEMAN, KRjogja.com - Pusat Pengembangan Karir Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menggelar job fair di Auditorium UNY, mulai kemarin Selasa (9/10/2018) hingga Rabu (10/10/2018). Dalam job fair ke-11 itu, sejumlah perusahaan nasional ikut andil mencari lulusan terbaik Perguruan Tinggi (PT).

Rektor UNY, Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd menyambut baik adanya wadah untuk para pencari kerja tersebut. Menurutnya, gelaran job fair dapat membantu pelaku industri bertemu dengan tenaga kerja yang dibutuhkan.

"Saya berharap dari job fair ini, mahasiswa tak hanya melamar tapi belajar dari perusahaan yang ada dan membuat perusahaan sendiri," ujarnya di sela-sela pembukaan job fair, Selasa (9/10/2018). Ia mengatakan revolusi industri 4.0 ini mengubah semua lini, termasuk sistem perusahaan yang lebih ramping. Kini, perusahaan tak perlu pabrik besar maupun banyak karyawan seiring berkembangnya teknologi.

Dengan begitu, para pencari kerja dituntut untuk memiliki keterampilan lebih agar tidak tergerus perkembangan zaman. Kepala Pusat Pengembangan Karir LPPMP UNY, Minta Harsana APar MSc menambahkan, dalam gelaran job fair sekitar 2.300 orang bisa diterima di sejumlah perusahaan. Sedangkan, 3.125 lowongan kerja dibuka dalam gelaran tersebut.

"Untuk tahun ini, ada 36 perusahaan yang ikut, baik itu dari perbankan, kesehatan, teknik, garmen dan infrastruktur," jelasnya. Ia meyakinkan, ada banyak lapangan kerja dengan syarat, para lulusan PT tidak terlalu banyak memilih. (M-1)