Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Selasa, 09 Oktober 2018 / 12:50 WIB

Dunia Kustom Tanah Air Berkembang Berkat Jokowi

DUNIA kustom Indonesia sedang mengalami perkembangan. Itu bisa terlihat pada gelaran Kustomfest 2018 yang mengalami peningkatan jumlah peserta.

Seperti diketahui, Kustomfest bisa dibilang sebagai barometer dunia kustom Tanah Air. Tidak cuma diminati builder lokal, hajatannya 'anak kustom' ini juga menarik perhatian builder internasional.

Dikisahkan Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi, saat pertama kali event ini digelar pada tujuh tahun silam, ketika waktu menunjukan pukul lima (5) sore sehari sebelum acara dimulai, setidaknya hanya ada 20 motor kustom yang ikut.

"Kebayang gak? Full venue (Kustomfest 2011) itu angkanya 100 motor saja tidak ada. Pokoknya, waktu itu asal beda (motor dimodifikasi) saya masukin, sampai segitunya," jelas Lulut kepada wartawan di Jogja Expo Center, Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Seiring berjalannya waktu, gelaran Kustomfest 2018 kini semakin banyak diikuti para builder dari berbagai wilayah dengan karya-karya brilian.

Sekadar informasi, tercatat 155 motor kustom dan 28 mobil kustom mengikuti Kustomfest 2018. Angka ini lebih banyak di banding tahun lalu.

Menurut Lulut, ada peran Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam berkembangnya dunia kustom Tanah Air. Hal itu setelah orang nomor satu di Indonesia itu membeli motor kustom bergaya chopper dari builder lokal pada awal 2017.

"Dan mendadak semua orang bicara kustom. Indonesia bisa saya bilang jadi mendadak custom (gara-gara Jokowi)," ungkap Lulut.(*)