Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 08 Oktober 2018 / 12:20 WIB

Cerdaskan Warga, Transformasi Perpustakaan Tanggulangi Kemiskinan

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Transformasi perpustakaan hingga tingkat desa/kelurahan di Kabupaten Purworejo terbukti mampu menanggulangi kemiskinan. Mengingat keberadaan perpustakaan tidak sekedar tempat simpan pinjam buku, namun lebih pada pemberian edukasi dan berbagai pelatihan sehingga masyarakat mempu membedayakan diri untuk meningkatkan ekonomi.

“Dari kegiatan ini masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan, ternyata dapat diberdayakan dan mampu menggali potensi diri dan dikembangkan,” kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Purworejo Tri Joko Pranoto SIP, Senin (8/10/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Dari hasil itu pula kata Tri Joko Pranoto, Perpustakaan Desa Somongari Kecamatan Kaligesing dan Perpustakaan Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen mampu menyedot perhatian warga Jakarta saat menggelar pameran perpustakaan tingkat nasional di Jakarta. Bahkan stand Purworejo ini masuk kategori perpustakaan terlaris nomor dua dari 40 daerah yang ikut dalam pameran perpustakan desa (Perpuser) secara nasional itu.

Diakui program Perpuseru yang dibina melalui Coca Cola Fundation  telah membangkitkan semangat warga untuk menghidupkan perpustakaan. “Meskipun program ini telah dihentikan pihak Coca Cola Fundation, namun sudah diserahkan kepada perpustakaan nasional (Perpusnas), sehingga pembinaan akan terus berlanjut,” jelasnya.

Dari hasil kegiatan perpustakaan desa ini lanjut Tri Joko Pranoto, ternyata juga mampu melahirkan usaha-usaha produktif di tingkat desa.(Nar)