DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 06 Oktober 2018 / 19:39 WIB

'Carnaval Road to Jogja Fashion Week' Buktikan Yogya Kota Batik Dunia

YOGYA, KRJOGJA.com - Lomba Carnaval Road to Jogja Fashion Week dan Rias Fantasy resmi dibuka, Sabtu (06/10/2018). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Jogjakarta International Batik Binalle 2018. Acara dibuka dengan karnaval yang melintasi di Jalan Malioboro Yogyakarta.

Kepala Seksi Pelayanan Informasi Pariwisata Dinas Pariwisata DIY, Marlina Handayani mengungkapkan dilaksanakannya lomba Carnaval ini salah satunya untuk lebih memunculkan dan melestarikan Yogya sebagai kota batik dunia yang sudah disahkan oleh World Craft Council pada 2014 silam. “Untuk lebih memunculkan dan lebih melestarikan bahwa memang betul-betul DIY ini kota batik dunia,” terangnya disela kegiatan.

Untuk Lomba lomba Rias Fantasy diikuti oleh 25 peserta individu, sedangkan untuk Carnaval Road to Jogja Fashion Week JIBB 2018 di ikuti oleh 25 kelompok yang masing masing terdiri 25 orang.  Setiap kelompok menampilkan 2 ikon maskot dengan motif 70% batik Yogya dan ditekankan kain untuk maskot wajib menggunakan batik tulis atau cat.

“Di sini kami tekankan untuk tidak menggunakan batik printing, semuanya tulis maupun cat. Printing tidak boleh,” tegas Marlina.

Dari lomba Carnaval Road to jogja Fashion week dan Rias Fantasy akan diambil 3 Juara utama dan 3 juara harapan. Adapun hadiah yang diberikan untuk lomba Carnaval dengan total Rp 65 juta dan Rias Fantasy dengan total Rp 18 juta.

Marlina merasa bangga terhadap antusias masyarakat Yogya yang mengikuti lomba maupun turut meramaikan. Harapannya dengan diadakannya acara ini membuat kelompok batik atau komunitas batik semakin termotivasi dan Yogya semakin membuktikan sebagai kota batik dunia.

Acara ini tidak hanya menarik perhatian komunitas batik atau peserta lomba, tetapi pengunjung yang berada sepanjang jalan Malioboro. Tidak hanya asik melihat juga mengabadikan foto bersama peserta lomba.

Seperti diungkapkan salah satu pengunjung, Jani (28). Ia mengaku sengaja datang ke Jalan Malioboro untuk menyaksikan secara langsung perhelatan itu.

“Saya senang sekali, banyak penampilan dan pernak pernik batik yang bagus. Semua menampilkan batik khas Yogya,” ungapnya. (Fathoni)