DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 04 Oktober 2018 / 13:32 WIB

Lanal Yogyakarta Semarakkan Kirab Bendera

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam upaya mengelorakan rasa nasionalisme serta sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat, prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta bersama melaksanakan penyambutan dan pawai Kirab Bendera (Flag Relay) Merah Putih Keliling kota Yogyakarta, Minggu (30/09/2018). Gelar pawai Kirab Bendera (Flag Relay) Merah Putih di kota Yogyakarta tersebut merupakan rangkaian kegiatan kirab yang juga dilaksanakan dibeberapa kota Indonesia.

Sebagai titik star keberangatan kirab di Titik Nol Km Kota Sabang pada tanggal 28 September 2018 dan kirab akan menempuh rute Sabang (Banda Aceh), Pekanbaru (Riau), Palembang (Sumsel), Yogyakarta (DIY), Surabaya (Jatim), Balikpapan (Kaltim), Manado- (Sulut), Makassar (Sulsel), Kupang (NTT), Ambon (Maluku), Sorong (Jayapura) dan berakhir di Merauke (Papua) pada tanggal 04 Oktober 2018.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Tepat pukul 07.45 Wib Tim Pembawa Bendera Merah Putih dari Mabes TNI yang diangkut pesawat Boing TNI AU AI-7304 dari Lanud  Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Riau dengan pengawalan 4 pesawat tempur T-50 Golden Eagle dari Lanud Iswahjudi Madiun tiba di Baseops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, pejabat TNI Polri DIY hadir dalam penyambutan kedatangan adalah Danrem 072/PMK, Danlanud Adisucipto, Kapolda DIY serta unsur Forkompinda DIY.

Rangkaian acara penyambutan diawali dengan penampilan tarian selamat datang tradisional Yogyakarta tari Pudyastuti dilanjutkan pengalungan bunga oleh para pejabat kepada para atlet prajurit TNI berprestasi dalam event Asian Games 2018, selanjutnya bendera Merah Putih diserahkan kepada Danlanud Adisucipto, Marsma TNI Ir Teddy Rizalihadi beserta Tim Kirab Bendera Merah Putih untuk diarak keliling kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan menyemarakkan pawai kota tersebut, Lanal Yogyakarta mengerahkan sekitar 127 prajurit militer. Danlanal Yogyakarta Kolonel (P) Arya Delano menjelaskan dengan ini jajaran TNI Polri dan masyarakat Yogyakarta dapat lebih mengenal gelar kekuatan unsur TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Yogyakarta sebagai bagian unsur kekuatan pertahanan dan keamanan di wilayah DIY. (*)