Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Rabu, 03 Oktober 2018 / 09:30 WIB

Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

BANTUL, KRJOGJA.com - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta - Magelang, salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Kementan, selama ini aktif ikut mendukung kegiatan yang dicanangkan oleh Kementan. Belum lama ini, mahasiswa dan dosen Polbangtan Yogyakarta melakukan pendampingan di dusun Karangbendo, Kecamatan Banguntapan Bantul.

Kegiatannya berupa pemanfaatan lahan tidur yang berada di dusun tersebut. Ada 4 mahasiswa semester 5 yang terlibat yaitu, Darma Satriya, Dimas, Slamet, dan Kristian Remon Suyogi. Mereka didampingi Ketua Jurusan Pertanian R Hermawan SP MP dan petugas alsintan  Junianto S ST serta Budi Wijayanto S TP MTP. 

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Pemanfaatan lahan tidur saat ini memang perlu dilakukan, mengingat luas lahan pertanian khususnya didaerah perkotaan semakin berkurang. Di Dusun Karang Bendo khususnya wilayah RT 05,  masih banyak lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan.

Pengolahan lahan   menggunakan hand traktor dan rotary. Lahan tersebut akan digunakan oleh Kelompok Wanita Tani "Guyub" di wilayah RT 05 Karangbendo. Rencananya, lahan seluas 2 ribu meter tersebut akan ditanami tanaman pepaya.

Pembina KWT, Susilo mengatakan upaya pemanfaatan lahan pekarangan di Karang Bendo harus terus diupayakan. "Selain itu juga saya berharap banyak pemuda yang mau terjun ke dunia pertanian," kata Susilo.

Kepala BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) kecamatan Banguntapan, Widodo, SP, KWT Guyub Karangbendo merupakan satu-satunya  Kelompok wanita tani (KWT) di wilayah Karangbendo. "Meski KWT ini dekat dengan perkotaan, tetapi bisa dikembangkan melalui program Rumah Pangan Lestari (KRPL)," kata Widodo.(*)