DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 03 Oktober 2018 / 01:41 WIB

Pakai Baju Batik, Gratis Berenang di Jogja Bay

SLEMAN, KRJOGJA.com - Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark menggratiskan 200 orang pengunjung pertama berbaju batik pada Selasa (02/10/2018). Event ini digelar untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 yang kemudian diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Diakuinya batik sebagai salah satu warisan budaya dunia sudah seharusnya melekat dan menjadi identitas diri Warga Negara Indonesia. Hal ini dikemukakan oleh Medha ZeliElsita selaku Public Relation Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Menurut Medha, kesadaran akan pentingnya melestarikan warisan budaya batik ini sudah harus dimulai sejak dini.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Jogja Bay berikan apresiasi khusus untuk 200 pengunjung pertama untuk dapat masuk dan berenang gratis di Hari Batik Nasional. Syaratnya pengunjung harus mengenakan baju batik, upload foto di Instagram menggunakan baju batik di depan gate Jogja Bay, mention, dan tag kelima orang teman untuk dapat ditunjukkan di loket Jogja Bay Waterpark,” ujar Medha.

Hari Batik Nasional menjadi salah satu momentum yang penting untuk menyadarkan masyarakat Indonesia akan khasanah budaya dan warisan leluhur nenek moyang Indonesia. Dilansir dari situs UNESCO, teknik, simbolisme, dan budaya terkait batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia. Bahkan, UNESCO menilai masyarakat Indonesia memaknai batik dari prosesi kelahiran sampai kematian.

"Diawali dengan mengenakan baju batik, pengunjung diharapkan dapat semakin sadar akan pentingnya batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Selanjutnya tugas kita semua lah yang melestarikan keberadaannya agar tidak hilang begitu saja,” paparnya.

Ferdiansyah sebagai salah satu pengunjung mengaku langsung datang ke Jogja Bay Waterpark setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) satu mata pelajaran di sekolahnya. (*)