DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 02 Oktober 2018 / 15:51 WIB

2019, Desa di DIY Dijangkau Wifi Gratis

YOGYA, KRJOGJA.com - Komisi A DPRD DIY menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Selasa (2/10/2018). Beberapa hal penting dimuat dalam peraturan yang diharapkan bisa masuk dalam Program Pembentukan Perda/Perdais 2019 tersebut. 

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY mengatakan salah satu yang diatur dalam draft akademis Raperda tersebut diantaranya dimulainya program jangkauan internet gratis untuk seluruh desa/kelurahan di DIY. Hal tersebut menurut Eko sangat penting selain pemanfaatan CCTV untuk membantu mitigasi kebencanaan. 

“Dalam program ini disusun juga bahwa 2020 seluruh kelurahan di DIY terjangkau jaringan internet. Harapannya jaringan internet mendorong kesejahteraan masyarakat karena saat ini kegiatan perekonomian banyak dilakukan memanfaatkan teknologi informasi,” ungkapnya dalam temu wartawan di DPRD DIY. 

Roni Primanto Hari, Kepala Diskominfo DIY menyampaikan pemda DIY memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan broadband internet menjangkau UMKM dan pariwisata di wilayah terpencil. Selama ini menurut dia, UMKM dan lokasi pariwisata terpencil mengalami kesulitan dalam publikasi secara digital. 

“Kita akan kembangkan misalnya lokasi di wilayah pegunungan di Kulonprogo dan Gunungkidul yang aksesnya sangat kecil bahkan blank signal. Kami berikan akses internet gratis sekaligus pelatihan pemasaran digital. Target 2019 dimulai dan 2020 semua kelurahan dan desa bisa terakomodasi,” tandas Roni. 

Sementara terkait jarinyan di infrastruktur pariwisata menurut Roni juga mendapatkan perhatian seperti di Breksi, Nglanggeran dan Mangunan. “Bentuknya wifi gratis dan masyarakat bisa kembangkan titik untuk selfie yang harapannya bisa dongkrak pemasaran. Kita berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkannya,” imbuhnya. 

Komisi A DPRD DIY sendiri sudah berkomitmen untuk mendukung penuh Kominfo DIY untuk menggunakan anggaran daerah guna mewujudkan program dalam Raperda Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi. “Komisi A sudah berkomitmen dengan tujuan akhirnya kesejahteraan masyarakat DIY yang lebih baik,” pungkas Eko Suwanto. (Fxh)