Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 01 Oktober 2018 / 10:39 WIB

Bantu Korban Gempa, Kemendes Kerahkan Kader Desa

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengerahkan pendamping desa untuk membantu korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Dalam laman akun Instagramnya, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan tim tenaga ahli desa dari Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bergerak menuju Palu.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Ratusan pendamping desa dari berbagai daerah sedang menuju ke Palu, Donggala dan sekitarnya. Mari kita semua dukung posko-posko mereka untuk membantu meringankan penderitaan masyarakat yang terkena bencana," tulis Eko pada Minggu (30/9 2018)

Eko menambahkan para pendamping desa yang berada di Sulawesi seperti Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, maupun Sulawesi Tengah bisa membantu para korban gempa dan posko pendamping desa di Palu dan Donggala.

"Jika masih sulit berkomunikasi, bisa menghubungi koordinator nasional pendamping desa, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) atau Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD). Bahkan bisa dimasukkan dalam grup WhatsApp untuk memudahkan koordinasi," imbuh dia.

Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) dengan terpusat di kedalaman 10 kilometer pada 27 kilometer timur laut Donggala, Sulawesi Tengah, terjadi pada Jumat (28/9), pukul 17.02 WIB. Gempa ini telah memicu tsunami setinggi 0,5 hingga enam meter di pesisir barat Sulawesi Tengah. (Ati)