DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 30 September 2018 / 20:48 WIB

Tari Sugriwo Subali Tandai Pembukaan Menoreh Art Festival 2018

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Pementasan tari “Sugriwo Subali" memeriahkan acara pembukaan Menoreh Art Festival 2018, Kamis (20/9/2018) di Bendungan Kahyangan, Pendoworejo, Girimulyo, Kulonprogo. Pementasan tari digelar kolosal melibatkan seniman tari di Yogyakarta.

Pementasan kisah Ramayana ini berbeda dari biasanya, karena seluruh penari menggunakan topeng. Tari kolosal Sugriwa Subali memvisualkan prasasti relief yang ada di Gua Kiskendo, Jatimulyo, Kulonprogo.

"Biasanya pentas sendratari Sugriwo Subali diselenggarakan di Guo Kiskendo Jati Mulyo, Namun pada malam ini diselenggrakan di Bendungan Kahyangan Pendoporejo Girimulyo sekaligus memberikan apresiasi dan semangat bahwa Senda Tari Sugriwo Subali, menyeluruh untuk perbukitan Manoreh karena disini merupakan Bendungan Kahyangan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah legenda Sugriwo Subali, kata Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo.
  
Menoreh Art Festival akan menampilkan beragam aktifitas kegiatan budaya tidak hanya menyangkut seni pertunjukan tetapi seluruh potensi yang ada di Kulonprogo. selama sebulan penuh pengunjung dapat menyaksikan Pameran Seni Rupa, Batik Dan Bonsai, Pementasan Dari Kantong Budaya Dan Rintisan Desa Budaya, Mocopat, Kulonprogo Fashion Day Carnival, Parade Rebana Santri Gelar Sewu Angkluk, Apresiasi Dalang Remaja hingga parade musik nusantara yang melibatkan IKPM.

Berikut Foto-foto kemeriahan acara yang terekam lensa kamera Fotografer KRjogja.com, Panji Rendra