Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 28 September 2018 / 04:32 WIB

Pesta Kuliner dan Belanja Resmi Dimulai

KUTA, KRJOGJA.com  -  Wonderful Indonesia Culinary dan Shopping Festival (WICSF) 2018 resmi dimulai, Kamis (27/9). Beachwalk Shopping Center, Kuta, Bali, dipilih menjadi venue opening. Festival yang akan melibatkan 150 mall ini, akan berlangsung sebulan penuh. Atau hingga 27 Oktober mendatang.  

Dalam pembukaan, hadir Staf Ahli Bidang Multikultural Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti, dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Vita Datau Messakh.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Dalam sambutannya, Esthy mengapresiasi peningkatan jumlah peserta dan provinsi yang terlibat. Diketahui, untuk tahun ada 150 mall di 20 provinsi yang ambil bagian.  "Luar biasa peningkatannnya. Malahan dari ada laporan sebetulnya jumlah peserta yang terlibat itu lebih dari 150 mall. Itu menandakan besarnya minat masyarakat untuk bisa ambil bagian dalam festival ini,” ungkap Esthy. 

Hanya saja, Esthy berharap  yang masuk 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata ini tetap mengedepankan lokal konten. “Ajang ini harus bisa mengangkat lokal konten. Tidak hanya dari segi kuliner, akan tetapi juga kria dan juga fashion,” sambung Esthy yang juga Penanggung Jawab CoE Kemenpar. 

Pemaparan terkait WICSF tahun ini juga disampaikan Vita. Wanita kelahiran 27 Agustus 1964 tersebut lebih merinci nilai transaksi yang bisa didapatkan pada festival WICSF tahun ini. Karena dari satu bulan penyelenggaraan, sebuah mall bisa meraup Rp 1,3 triliun.

“Jadi, sebetulnya Rp 1,3 triliun itu didapat dari mall-mall besar. Tapi kalau kita pukul rata itu sekitar Rp. 500 Miliar dikalikan per mall. Jadi kita hitung tadi sekitar Rp 75 Triliun target yang haruz dicapai. Dalam kedaan terbaik maupun terburuk, target itu harus tercapai,” papar Vita. (*)