Gaya Hidup Agregasi    Selasa, 25 September 2018 / 08:31 WIB

Minum 4 Cangkir Teh Sehari, Rasakan Manfaatkan Positifnya

MENGONSUMSI teh sambil membaca koran di pagi hari tentu bisa menjadi sebuah rutinitas yang menyenangkan. Selain itu, nyatanya teh juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi teh dinilai bisa mengusir berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh.

Berdasarkan lebih dari 40 makalah penelitian, menemukan bahwa mengonsumsi the hitam atau hijau secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penurunan kolesterol ini akan meningkatkan fungsi kardiovaskular dan mengurangi peradangan.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Semua hal positif ini dapat berkontribusi pada risiko seseorang untuk mengatasi masalah kesehatan yang serius. Seorang ahli gizi sekaligus penulis makalah penelitian, Dr Emma Derbyshire mengatakan bahwa mengonsumsi teh secara rutin bisa membantu menyelamatkan nyawa seseorang.

“Bukti luar biasa dari mengonsumsi teh setiap hari dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Sebagian besar manfaat ini tampaknya mengalir dari tingkat polifenol tinggi yang terdapat pada teh hijau maupun teh hitam. Tak hanya itu minuman favorit di dunia ini juga mengandung senyawa yang bisa menjaga kesehatan tubuh,” terang Dr Emma, sebagaimana dilansir dari Express, Senin (24/9/2018).

Penelitian ini sempat dilakukan oleh Tea Advisory Panel (TAP) yang termasuk data dari 19 uji medis dari 23 makalah. Hasilnya mengatakan bahwa mengonsumsi 4 sampai 5 cangkir teh dalam sehari merupakan komposisi yang paling efektif.

Mengonsumsi setidaknya tiga cangkir teh selama 6 bulan diperkirakan bisa mengurangi tekanan darah diastolic sebanyak tiga poin. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan sebanyak dua poin dapat mengurangi risiko seseorang mengalami serangan jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular yang fatal sebesar 12 persen.

“Jutaan orang telah menikmati teh setiap harinya, tetapi sekarang ada alasan lain untuk mengonsumsinya lebih banyak. Mengingat beban penyakit jantung saat ini sudah sangat besar khususnya di Inggris. Jadi kebiasaan mengonsumsi teh bisa mengurangi risiko dan menyelamatkan ribuan nyawa manusia,” terang Dr Tim Bond, selaku penulis utama studi ini.

Sebagaimana diketahui, penyakit kardiovaskular disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat. Penyakit ini telah membunuh lebih dari 150 ribu orang per tahunnya di Inggris. Menurut British Heart Foundation penyakit ini juga menyumbang 26 persen dari seluruh kematian.

Studi menemukan bahwa minum satu hingga tiga cangkir teh hijau sehari bisa mengurangi risiko stroke sebesar 36 persen dan menurunkan serangan jantung sebesar 19 persen. (*)