Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 15 September 2018 / 04:50 WIB

Ini Bukti Jika Perubahan Positif Terjadi pada Masyarakat

SISTEM sosial masyarakat Indonesia saat ini sudah berubah dalam aspek taraf hidup, layanan publik, dan nilai-nilai. Hal itu diungkap dalam dialog yang dilakukan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ted C. Fishman, serta Tandean Rustandy dari Rustandy Foundation pada Kamis 13, September 2018.

Moeldoko mengungkapkan ada sebuah perubahan besar di masyarakat Indonesia, "Dulu hidup susah dan sekarang berubah," ujarnya saat itu, dikutip dari rilis pada Jumat (14/9/2108) malam.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Saya memiliki dua anak dan terdapat perubahan di bidang pendidikan dan ekonomi secara drastis. Dulu, sedikit yang bisa masuk perguruan tinggi, berbeda dengan generasi sekarang," kata Moeldoko.

"Hal ini merupakan sebuah fenomena perubahan taraf hidup," tambahnya.

Selain itu, Moeldoko juga menyatakan bahwa perubahan tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di peningkatan pelayanan publik di daerah lain. Contohnya adalah Online Single Submission.

Berbagai perubahan yang terjadi di Indonesia juga ditanggapi secara positif oleh penulis buku China Inc. dan Shock of Gray Ted Fishman.

"Sangat luar biasa ketika melihat hal yang Anda cintai (Indonesia) berkembang setiap waktu dan saya ingin semuanya datang ke sini," ujar Fishman.

Pria yang pernah menetap beberapa tahun di Indonesia ini menambahkan, dirinya juga belajar banyak hal salah satunya tentang persahabatan. "Saya belajar untuk menjadi teman yang lebih baik."

Menurut Fishman, Presiden Joko Widodo secara tidak langsung juga menerapkan nilai persahabatan karena pemerintahannya yang tidak berjarak. Ini membuat masyarakat memiliki kedekatan dan bisa bekerja sama.(*)