Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 14 September 2018 / 03:38 WIB

Pesona Toba Rayu Warga Surabaya

SURABAYA, KRJOGJA.com - Toba danau kedua terbesar setelah Victoria Lake di Afrika itu menebarkan pesonanya di Surabaya yang digoda via talkshow di SBO, televisi lokal Surabaya. Tim penggodanya juga keren-keren. Dari Kemenpar, ada Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh. 

Kalangan bisnisnya, diwakili Ketua ASITA Sumatera Utara Solahuddin Nasution. Akademinya diisi pakar pariwisata Yusac Anshori. Sementara tuan rumah, diwakili Kepala Dinas  Pariwisata Jatim Sinarto.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Sebetulnya semua destinasi prioritas kita promosikan. Kita jual juga. Cuma dari 10 itu kita fokuskan di 3 destinasi dulu. Danau Toba adalah salah satu destinasi yang sedang fokus dibangun selain Mandalika di NTB dan  Borobudur di Jawa Tengah,” terang Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh dalam talkshow Misi Penjualan Destinasi Prioritas Danau Toba di Studio SBO, Gedung Graha Pena, Surabaya.

Masrurih memang tak asal bicara. Saat ini, pemerintah terlihat ngebut membangun akses ke Toba. Tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi dibangun. Hasilnya? Waktu tempuh 5 jam, dipangkas menjadi 3 jam lebih sedikit. 

Bandara di Silangit pun dibuat makin kece. Landasan pacu yang semula berukuran 2.650 meter dibuat menjadi 3.000 meter. Ada ruang kesehatan. Karantina. Selain itu, Bandara di Silangit juga dipersiapkan menjadi Smart Airport yang dilengkapi dengan Vending Machine Taxi, Digital Information Bus, Live Smart Baggage, Digital Toilet Survey, dan lainnya.

Amenitasnya? Sudah sangat lengkap. Dari mulai homestay, hotel melati sampai bintang 4 ada di sana. Sejumlah spot menarik di Danau Toba juga akan dibalut dengan nomadic tourism. Nantinya, akan ada karavan, glamping (glamourous camping), dan homepod di sana. 

“Indonesia tidak hanya Bali saja kok. Masih ada Toba yang menyimpan sejuta pesona. Yang belum punya planning liburan akhir tahun nanti, ayo ke Toba. Silakan eksplore nature, culture dan kulinernya yang oke punya,” ajak Iyung, sapaan akrab Masruroh. 

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur Sunarto terlihat antusias. Terlihat happy. Maklum, warga Surabaya suka sekali dengan sesuatu yang indah. Adventure yang dibalut dengan alam. Juga kuliner yang menggugah selera. (*)