KPU Gunungkidul Tetapkan DPT Hasil Perubahan 596.776

M Zaenuri Iksan memimpin penetapan DPT HP (Deddy EW)

WONOSARI, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan (HP) menjadi 596.776. Hal ini setelah dilakukan pencermatan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terhadap data dugaan potensi ganda 3.385. 

"Memang setelah dilakukan pencermatan DPT HP menjadi  596.776,” kata Ketua KPU Gunungkidul Mohammad Zaenuri Iksan usai Rapat Pleno Penetapan DPT HP di aula BMT Dana Insani Wonosari, Kamis (13/09/2018) malam.

Rapat dihadiri Ketua Bawaslu Gunungkidul Is Sumarsono SH bersama anggota, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan, pengurus Partai Politik (Parpol) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Diungkapkan, untuk total ganda yang dihapus dari DPT sebanyak 656 pemilih. Setelah dilakukan pengecekan faktual dan klarifikasi ke Disdukcapil akhinrya ditemukan 1.656 data tidak ganda, revisi NIK sebanyak 826 dan NIK ganda dari Disdukcapil 247." Untuk data yang dihapus sebanyak 656 pemilih,” imbuh Iksan.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan menambahkan, pelaksanaan DPT HP ini menindaklanjuti masukan berkait dugaan data pemilih ganda. Sehingga KPU berkewajiban untuk melakukan pencermatan secara bersama Bawaslu maupu OPD terkait terhadap DPT. Langkah ini merupakan salah satu bentuk transparansi dan akuntabilitas KPU. Ada data ganda karena dua orang memilik NIK yang sama dan hal lainnya. “ Proses ini merupakan bentuk transparansi,” imbuhnya. (Ded)

Tulis Komentar Anda