Bawaslu Temukan 1.621 DPT Ganda

Ilustrasi'. Foto: Dok

SRAGEN, KRJOGJA.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sragen menemukan sebanyak 1.621 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda. Temuan sebanyak itu diketahui setelah Bawaslu melakukan pencermatan dan penelusuran lewat aplikasi DPT Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hasil pencermatan tersebut telah disampaikan dan ditindaklanjuti oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen. Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budi Prasetyo Jumat (14/9) menjelaskan, dari aplikasi ini pihaknya melakukan penelusuran Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemilih yang dobel. “Kami sudah menyampaikan pencermatan ke KPU. Kami memberikan rekomendasi kepada KPU agar melakukan pengecekan langsung ke lapangan," ujarnya.

Menurut Budi, pencermatan itu merupakan perintah dari Bawaslu RI, agar Bawaslu yang ada di daerah melakukan pencermatan terhadap penetapan DPT secara nasional. Dari hasil pengecekan dan tindaklanjut di lapangan, KPU kemudian menetapkan DPT Hasil Perbaikan (DPT HP) dan jumlahnya sudah berkurang dibanding DPT. "Bila dibanding DPT, di DPT HP ada pengurangan 807 orang pemilih," tandasnya.

Selain merekomendasikan adanya DPT ganda, jelas Budi, pihaknya juga merekomendasikan nama-nama pemilih yang sudah meninggal, sudah masuk TNI dan Polri, serta yang sudah pensiun dari TNI dan Polri. Juga yang pindah domisili, tidak dikenal, hilang ingatan dan lain-lain kepada KPU.
Nantinya bakal ada pengecekan DPT yang dilakukan setiap bulan sekali. Pengecekan setiap bulan itu, bisa diketahui yang sudah meninggal. Begitu juga yang pindah, pensiun dari TNI dan Polri atau yang masuk TNI dan Polri.

Terpisah Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas mengatakan, pihaknya memang sudah menindaklanjuti pencermatan dari Bawaslu tersebut. "Kami sudah melakukan pencermatan bersama Bawaslu dan partai politik dan sudah menindaklanjuti, yang DPT ganda itu hanya sekitar 700 tidak sampai 1.000," jelas Abbas.

Setelah disisir atau dilakukan pengecekan di lapangan, kemudian dilakukan penetapan DPT HP. Jumlah DPT HP untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Sragen sebanyak 771.063 orang dan sudah diketahui bersama. Jumlah ini lebih sedikit disbanding jumlah DPT sebelumnya yng sejumlah 773.345 orang. (Sam)

 

Tulis Komentar Anda