DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 14 September 2018 / 11:19 WIB

Data Ganda Dihapus, DPT Turun

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) ditetapkan sebanyak 333.509, terdiri 162.297 laki-laki dan 171.212 perempuan. Jika dibandingkan dengan DPT yang telah ditetapkan bulan Agustus lalu, dimana terdiri pemilih laki-laki 162.553, perempuan 171.600 dengan total pemilih 334.153, berarti ada penurunan sebesar 644 orang.

Penetapan DPT-HP dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT-HP di ruang Sermo Gedung Binangun, Kamis (13/09/2018) sore. Rapat pleno dihadiri komisioner KPU Kulonprogo beserta jajaran sekretariat, Bawaslu, pimpinan partai politik dan PPK se-Kulonprogo, SKPD terkait dan sejumlah tokoh masyarakat.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini MM mengatakan, rapat pleno ini digelar dalam rangka melaksanakan surat KPU Nomor : 1033/PL.01.2-SD/01/KPU/IX/2018 perihal Perbaikan DPT. "Dalam perbaikan tersebut, terutama dilakukan dengan menghapus sejumlah pemilih ganda, baik masukan dari partai politik maupun dari Bawaslu Kulonprogo. Selain itu, menghapus pula pemilih yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, karena meninggal atau di bawah umur yang masih ada di DPT," tandas Isnaini.

Dikatakan Marwanto MSi, Komisioner KPU Kulonprogo yang membidangi pemutakhiran data pemilih, sebelum dilakukan pleno tersebut, tiga pihak telah koordinasi dan duduk bersama untuk melakukan pencermatan dan penyandingan terhadap potensi data ganda. Tiga pihak tersebut adalah KPU Kulonprogo, Bawaslu dan pengurus partai politik yang ada di Kulonprogo.

Marwanto menambahkan, Selasa (11/09/2018) yang lalu KPU Kulonprogo, Bawaslu dan pengurus partai politik sudah melakukan koordinasi pencermatan dan penyandingan potensi pemilih ganda. Sementara secara teknis untuk pencermatan dan penyandingan data pemilih ganda dilakukan di tingkat kecamatan oleh PPK, Panwascam dan pengurus parpol tingkat kecamatan, yang dimulai Senin dan berakhir hingga Selasa malam.

Dalam pencermatan data ganda tersebut, Bawaslu Kulonprogo menemukan 460 pasang kegandaan. Jumlah ini hampir sama dengan hasil pencermatan internal yang dilakukan KPU Kulonprogo beserta jajarannya. Sementara temuan salah satu partai politik menunjukkan angka jauh lebih banyak. Tapi setelah dicek, hampir semua temuan partai sudah tidak ganda di DPT. (Wid)